Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Jembatan Penghubung 3 Desa 3 Kecamatan di Purbalingga Rusak Parah, Warga Bergotong Royong Lakukan Perbaikan Bertajuk "Proyek Rakyat Jelata"

Jumat, 13 Mei 2022 | 9:49:00 AM WIB Last Updated 2022-05-13T02:50:54Z

 

Kondisi Jembatan yang melintas diatas sungai Grinsing

Laporan: Iwan Setiawan/ Wahyudin


PURBALINGGA, harian7.com -  Melihat kondisi jembatan yang menghubungkan tiga desa di Kabupaten Purbaingga semakin menghawatirkan maka warga berinsiatif untuk melakukan perbaikan  secara swadaya dengan di beri nama Proyek Rakyat Jelata.


"Jembatan bekas rel kereta tebu yang melitas di sungai Grising itu menghubungkan Desa Toyareka, Desa bojong dan Desa Mewek Kabupaten Purbalingga tersebut rencana akan di kerjakan pada minggu 15/05/2022 secara gotong royong," jelas Marwoto salah satu warga, Jum'at (13/05/2022).


Dikatakan bahwa jembatan sepanjang 16 meter dan lebar 130 centimeter tersebut merupakan jalan pintas yang menghubungkan 3 desa dan 3 kecamatan di Kabupaten Purbalingga.


"Jembatan ini merupakan akses para petani di Desa Toyareka, Kecamatan Kemangkon, Desa Mewek, Kecamatan Purbalingga dan Desa Bojong, Kecamatan Kalimanah, dengan kondisi yang sudah rapuh serta berlubang kami rasa ini perlu ada perbaikan," katanya.


Menurut Marwoto jembatan tersebut pernah ada rencana perbaikan yang melibatkan tiga kepala desa namun hingga kondisi kini belum terealisasi.



"Berdasarkan infomasi yang saya dengar para Kepala Desa tersebut pernah ada komunikasi untuk melakukan pembangunan jembatan namun entah ada terkendala atau bagaimana sampai saat ini belum ada realisasi," ungkapnya.


Maka secara swadaya lanjut warga yang malu-malu disebutkan namanya, maka mereka secara swadaya akan memperbaiki jembatan ini secara gotong royong dengan biaya seadanya.


"Jembatan ini akan kita perlebar manjadi 170 sentimater dan panjang 20 meter dengan biaya swadaya tanpa melibatkan pemerintah desa maupun pemerintah kabupaten dengan kami beri nama Proyek Rakyat Jelata" imbuhnya.

Dengan adanya proyek rakyat jelata tersebut mereka berharap 3 Pemerintah Desa di Kabupaten Purbalingga untuk memberikan support agar proyek terlaksana hingga selesai tanpa ada kendala.



"Besar harapan kami kepada 3 Pemerintah desa untuk sekedar memberikan support kepada kami agar jembatan ini cepat selesai tanpa adanya kekurangan dan warga bisa melintas dengan tenang tanpa khawatir akan jatuh," pungkasnya.














×
Berita Terbaru Update