Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Forkopimda Batang Lakukan Pemantauan, Pantura dan Tol Lancar

Minggu, 01 Mei 2022 | 12:20:00 PM WIB Last Updated 2022-05-01T05:20:01Z


Laporan: Erwin | Kontributor Batang

Editor: Pujo Semedi


BATANG,harian7.com – Penerapan one way mudik lebaran 2022, para pemudik lebih leluasa melewati jalur tol maupun Pantura, sehingga kedua jalur tersebut lebih lancar terutama bagi pemudik yang mengarah ke Semarang maupun Jawa Timur.


Bupati Batang Wihaji menyampaikan, berdasarkan prediksi pemerintah pusat, puncak arus mudik yang terjadi sejak semalam ternyata tidak menimbulkan kemacetan, baik di Pantura maupun tol.


“Pemudik yang melintas di Kota Batang tetap lancar. Tapi kami tetap mengecek ulang kondisi lalu lintas maupun hal lain seputar arus mudik di Batang dan setelah dicek mulai Gerbang Tol Kalibeluk sampai sekarang tidak terjadi permasalahan,” terangnya, saat memantau arus mudik, didampingi Kapolres Batang AKBP M. Irwan Susanto dan Dandim 0736/Batang Letkol Arh Yan Eka Putra, di rest area KM 379 A, Gringsing, Kabupaten Batang, Minggu (1/5/2022).


Ia mengapresiasi kelancaran arus mudik ini dapat terwujud berkat sinergi yang terjalin dengan baik antara Pemda, Polres dan Kodim Batang serta tokoh masyarakat bersama para relawan.


“Langkah antisipatif juga tetap disiapkan, apabila suatu saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Saya pastikan semua pengguna jalan yang melintas di Batang akan mendapatkan pelayanan yang baik,” tegasnya.


Terkait sebagian jalur arteri yang minim lampu penerangan, ia memastikan akan menerjunkan petugas dari TNI/Polri dan Dinas Perhubungan ke lapangan apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.


“Layanan 119 bisa dimanfaatkan pemudik yang melintas di Batang, jika mengalami kejadian kecelakaan dan lainnya,” imbaunya.


Ia menyarankan, agar pemudik menyiapkan dan memastikan kendaraannya dalam kondisi normal serta laik jalan.


“Sebelum berkendara periksa kondisi kesehatan tubuh,” ungkapnya.


Kapolres Batang AKBP M. Irwan Susanto mengatakan, kebijakan yang diambil oleh Presiden Joko Widodo tentang diizinkannya mudik, mendapat apresiasi dari banyak kalangan, mengingat sudah dua tahun masyarakat perantau tidak dapat merayakan Idulfitri bersama keluarga di kampung halaman.


“Kesiapan kami dalam menjaga kelancaran arus mudik, dengan menambah jumlah personel dan sarana prasarana pendukung. Sinergi bersama Pemkab dan Kodim terus ditingkatkan untuk melayani pemudik,” ungkapnya.


Ia menerangkan, terjadi peningkatan jumlah kendaraan yang melintas sejak 27-30 April. Namun para petugas bersama stakeholder terkait menerapkan pengelolaan lalu lintas yang baik, sehingga tidak terjadi kemacetan.


“Hari ini lancar dan tidak ada masalah lalu lintas baik di arteri maupun tol,” bebernya.


Menyikapi beberapa ruas jalur Pantura yang masih minim penerangan, pihak Polres Batang telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan.


“Kami juga memberikan rasa aman dan nyaman kepada pemudik yang melintas dengan meningkatkan kegiatan Kamtibmas," bebernya.


Ia menambahkan, strategi one way dinilai tepat karena merupakan manajemen lalu lintas yang baik.


“Dari hasil pengamatan pasca diterapkan sistem one way di jalur tol ke arah Semarang, berpengaruh pada berkurangnya tren laka lantas,” tandasnya.(*)




×
Berita Terbaru Update