Iklan

Iklan

,

Iklan

Musim Penghujan, Waspadai Demam Berdarah

Sabtu, 27 November 2021, 01:18 WIB Last Updated 2021-11-26T18:18:40Z
Pewarta : Wahyudin
Editor     : Abdurrochman


PURBALINGGA, Harian7 com
- Akhir tahun sebagian besar wilayah di Indonesia mengalami musim penghujan dengan curah hujan yang cukup tinggi, langkah dan upaya mengatasi dampak selain bencana banjir maupun tanah longsor serta dampak lainnya seperti berjangkitnya penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) juga perlu dipersiapkan. 


Guna mengatasi dampak berkembangnya nyamuk Aedes Aegypti sebagai faktor DBD langkah efektif yang dapat ditempuh salah satunya yaitu dengan melaksanakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).


Seperti yang dilaksanakan oleh Kader Posyandu Kelurahan Penambongan, Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, bersama dengan Babinsa dan perangkat kelurahan setempat, Jumat (26/11/2021).


Puluhan rumah di RT 06 RW 07 Kelurahan tersebut  menjadi sasaran petugas dan kader Posyandu untuk dicek apakah ada jentik nyamuk maupun potensi menjadi sarang berkembang biaknya nyamuk terutama bak mandi, tempat penampungan air maupun tempat atau benda lainnya yang dapat menampung genangan air.


Siswi Ida Pratiwi selaku Bidan Kelurahan Penambongan yang memimpin kegiatan ini  menuturkan, jika dihadapkan dengan pandemi Covid -19 di mana masyarakat banyak dianjurkan beraktifitas di rumah, dan kini tengah musim penghujan, maka saat ini adalah waktu yang tepat untuk  mencegah penyebaran DBD.


"Sekarang waktu yang tepat untuk melakukan pembersihan tempat-tempat yang mungkin menjadi sarang nyamuk demam berdarah sebab, selama wabah Covid-19 masyarakat di minta untuk banyak berakitivitas di rumah," ungkapnya.


Senada, Babinsa Koramil 01/Purbalingga untuk Kelurahan Penambongan Serda Irfan, saat dikonfirmasi juga turut menuturkan perlunya kewaspadaan bersama akan ancaman penyakit DBD, karena saat ini tengah musim penghujan.


"Pada bulan-bulan ini secara klasik kita masuk pada musim penghujan di mana gambaran klasik dari episode ini biasanya adalah munculnya penyakit demam berdarah dengue, karenanya perlu kita galakkan PSN," pungkasnya. (*) 

Iklan