• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    www.harian7.com

    Adv

    "Kuatkan Sinergi, Bangkitkan Ekonomi”, Kemenkeu Inisiasi Program Secondment dan Kemenkeu Satu Negeri

    REDAKSI
    Sabtu, 10 Juli 2021, 12:35:00 AM WIB Last Updated 2021-07-09T17:35:07Z
    ist.


    Editor: Bang Nur


    JAKARTA,harian7.com - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menginisiasi kegiatan Kolaborasi Program Secondment dan Kemenkeu Satu Negeri (KSN) tahun 2021. 


    Program secondment tahun 2021 melibatkan seluruh unit eselon I, SMV, serta Bank Indonesia, yang mengusung tema “Kuatkan Sinergi, Bangkitkan Ekonomi”. 


    Program Kolaborasi utamanya Kemenkeu Satu Negeri diikuti oleh 155 secondee, 90 pelajar SMP dari berbagai daerah, 26 duta transformasi Kementerian Keuangan, dan Yayasan Sabang Merauke. Kegiatan KSN ini telah dilaksanakan pada 28 Juni – 8 Juli 2021 yang disesuaikan dengan masa liburan sekolah.


    Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengapresiasi kegiatan Kolaborasi Program Secondment Kementerian Keuangan dan Kemenkeu Satu Negeri (KSN) tahun 2021. Menurut Menkeu, Program secondment menjadi penting mengingat Kemenkeu memiliki lebih dari 80ribu pegawai, yang tersebar di berbagai unit kerja. Melalui program secondment, secondee ditempatkan di lintas unit sehingga dapat belajar memahami tugas dan fungsi unit lain yang ada di Kemenkeu.


    “Misalnya, ternyata di lingkungan Kementerian Keuangan ya, yang sama-sama bagian penganggaran, Anda saja mungkin tidak kenal ada instrumen TKDD dan DAK. Kalau teman-teman Kemenkeu itu berpikirnya hanya di kotaknya masing-masing, bayangkan, Anda mau membuat keuangan negara dan APBN yang bisa benar-benar sinergis, menghasilkan hasil yang maksimal, itu akan sulit, karena semua orang memikirkan dan hanya mendahulukan kepentingan di masing-masing unit,” jelas Menkeu, melalui siaran persnya yang diterima harian7.com, Jumat (9/7/2021).


    Dijelaskanya, program secondment dilaksanakan dalam dua periode, yaitu Periode I (Februari – Juni) dan Periode II (Juli – Oktober). Di periode I ada 237 peserta yang ikut serta, dengan mencakup 5 tema utama, yaitu optimalisasi penerimaan negara, pengelolaan belanja negara yang berkualitas, utilisasi dan optimalisasi pengelolaan aset, pengelolaan pembiayaan infrastruktur dan sektoral, dan penguatan dukungan manajemen, terutama pengelolaan SDM, keuangan, layanan, dan teknologi informasi. Di periode 2, direncanakan ada 615 peserta, dengan 5 tema utama, yang salah 1 tema nya terkait Pengelolaan SMV, yang melibatkan SMV Kementerian Keuangan terlibat ke dalam satu program secondment. Pada periode ini, kegiatan secondment dikolaborasikan dengan Kemenkeu Satu Negeri.


    Sementara itu, Program KSN mengundang 90 orang adik SANI (Satu Negeri) yang merupakan siswa-siswi SMP yang dipillih dari 1.020 pendaftar. Program KSN bertujuan untuk memupuk dan mengembangkan nilai-nilai kebhinekaan, perdamaian dan toleransi, serta meningkatkan kompetensi sosial kultural dan perekat bangsa. Oleh karena itu, kegiatan-kegiatan yang diberikan dalam program KSN meliputi penanaman 12 nilai dasar perdamaian, dialog dengan 8 pemuka agama dan aliran kepercayaan, pendalaman konsep berpikir kritis dan literasi digital, pemahaman sejarah Oeang Republik Indonesia, serta materi bagaimana mengelola Uang Kita (APBN).


    Menkeu menyambut baik kegiatan KSN yang dilakukan di Kemenkeu tersebut, karena program ini mempertemukan para generasi muda dari berbagai latar belakang suku, agama, dan ras berbeda.


    “Di setiap kegiatan Sabang Merauke ini, saya secara pribadi merasa itu recharging. Betapa banyaknya hal-hal yang kita anggap taken for granted. Ternyata, kalau kita tidak pernah memelihara dan memahaminya, kita tidak kenal Indonesia, mengenal orang-orangnya, seperti saya waktu itu sempat keluar negeri cukup lama, itu terasa sekali betapa berharganya kesatuan ini, bangsa ini. Terima kasih semuanya, ini sesuatu percakapan yang membuat kita semua merasa kalau kita melakukan hal-hal yang ikut terus menjaga Indonesia, agar menjadi negara dan bangsa yang baik dan besar,” ungkap Menkeu.


    Dalam laporannya, Sekretaris Jenderal Heru Pambudi berterima kasih kepada para pejabat eselon I, pimpinan SMV, pejabat dari Bank Indonesia, para pejabat eselon II dan III, para secondee dan mentor, para duta transformasi, dan rekan-rekan dari Yayasan Sabang-Merauke yang telah mendukung program secondment dan program KSN.



     “Secara khusus kami juga mengucapkan terima kasih kepada adik-adik SANI yang terus bersemangat mengikuti program KSN sejak hari pertama hingga hari ini. Semoga program Kemenkeu Satu Negeri bisa mengisi liburan spesial di tengah pandemi,” katanya.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NEWS FOTO

    +