Iklan

Iklan

,

Iklan

 


Jaga Stabilitas dan Ketersediaan Obat, Ini yang Dilakukan Polda Jateng

Redaksi
Sabtu, 31 Juli 2021, 22:49 WIB Last Updated 2021-07-31T20:15:39Z
Polda Jateng saat melakukan pengecekan stok oksigen dan obat covid-19 di Apotik

Penulis : Andi Saputra | Editor : M.Nur


SEMARANG, Harian7.com - Polda Jawa Tengah (Jateng) melakukan pengecekan stok liquid oksigen dan obat covid-19 di lima distributor besar di wilayah Jawa Tengah. 


Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy mengatakan Polda Jateng melaksanakan pengecekan ketersediaan dan penyaluran tabung oksigen medis serta pengecekan obat covid-19 di perusahaan besar farmasi (PBF) dan apotek.


"Sementara hanya 209 ton dan permintaan oksigen rumah sakit yang diajukan di distributor sebanyak 504,3 ton dan masih ada kekurangan stok oksigen sebesar  295,3 Ton," ujarnya, Sabtu (31/7).


Menurutnya, ketersedian obat covid-19 di perusahaan farmasi kawasan industril candi blok V No. 29 Ngaliyan Semarang saat ini kosong.


Dia menuturkan, Hal ini juga terjadi di wilayah Banyumas, Pati, Surakarta, dan Kedu serta harga masih sesuai HET. Namun obat covid-19 jenis Azithromycin 500 miligram masih ditemukan di wilayah Pekalongan.


"Tidak semua obat-obatan Covid 19 dijual di apotek," jelasnya. 


Dia menambahkan, Dari keterangan manajemen apotek hampir keseluruhan apotek kekurangan obat-obatan penanganan covid 19 atau Stok kosong. Penjualan obat covid 19 harus menggunakan resep dokter.


"Apabila ditemukan penyimpangan pendistribusian maupun penimbunan, Polda jateng tidak segan-segan akan menindak tegas olnum-oknum yang memanfaatkan situasi Covid-19 di Wilayah Jawa Tengah," pungkasnya.

Iklan