• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    www.harian7.com

    HUT RI

     




    Adv

    Gandeng Pemkot Surakarta, Kumham Jateng Berikan Vaksinasi 545 WBP Rutan Surakarta

    REDAKSI
    Sabtu, 17 Juli 2021, 9:06:00 PM WIB Last Updated 2021-07-17T14:07:51Z
    Kepala Kantor Wilayah A Yuspahruddin Meninjau Jalannya Vaksinasi didampingi Kepala Rutan Surakarta.


    Laporan: Nuryadi


    SURAKARTA,harian7.com -  Turut andil menyukseskan salah satu Program Strategis Pemerintah dalam penanggulangan dan pencegahan penyebaran Covid-19, jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah melakukan Vaksinasi bagi Warga Binaan Pemasyarakatan.


    Aksi nyata ini dilaksanakan di Rumah Tahanan Negara Kelas I Surakarta, Sabtu (17/07).


    Kepala Kantor Wilayah, A Yuspahruddin terjun langsung memantau jalannya pemberian vaksin kepada seluruh WBP Rutan Surakarta.


    Dalam pelaksanaannya, kegiatan yang dikomandoi Kepala Rutan Surakarta, Urip Dharma Yoga, melibatkan tenaga kesehatan dari seluruh Lapas dan Rutan di Jawa Tengah.


    Selain itu, Rutan Surakarta juga menggandeng Dinas Kesehatan Kota Surakarta, Puskesmas Kelurahan Gajahan serta aparat gabungan TNI dan Polri.


    Dalam keterangannya, Kakanwil menjelaskan bahwa kegiatan vaksinasi bagi WBP ini merupakan kali kedua yang dilakukan jajarannya.


    Sebelumnya, aksi serupa telah lebih dulu dilakukan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II A Semarang, namun saat itu hanya diberikan kepada WBP Lansia. Sementara untuk seluruh WBP di satu UPT, ini merupakan yang pertama kali di wilayah Jawa Tengah.


    Yuspahruddin juga menjelaskan, selain bentuk dukungan nyata kepada Pemerintah, kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari perintah Menteri Hukum dan HAM serta Kementerian Kesehatan, untuk dapat membantu memfasilitasi pemberian Vaksin bagi WBP di seluruh Indonesia, mengingat kondisi Lapas/Rutan yang rentan terhadap penyebaran Covid-19.


    "Karena di dalam Lapas/Rutan, sulit sekali untuk menerapkan 3M secara menyeluruh, utamanya dalam menjaga jarak, karena keterbatasan ruang gerak dan ruang hunian," ungkapnya.


    Kakanwil pun memberikan apresiasi dan pengalaman kepada seluruh pihak yang telah bekerjasama menyukseskan program tersebut.


    "Saya memberikan apresiasi dan berterimakasih kepada Pemkot Surakarta, Walikota Surakarta dan Kepala Dinas Kesahatan Kota Surakarta, yang telah memfasilitasi vaksinasi bagi WBP di Rutan Surakarta," ujarnya.


    "Semoga nantinya, Walikota atau Bupati di wilayah Jateng, bisa mengikuti untuk bekerjasama dengan kami guna memfasilitasi kegiatan vaksinasi di Lapas dan Rutan di seluruh Jawa tengah," pungkasnya berharap.


    Berdasarkan keterangan Kepala Rutan Surakarta, jumlah WBP yang diberikan vaksin pada hari ini sebanyak 545 orang.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini