Iklan

Iklan

,

Iklan

Punya Problem Keluarga, Anda Bisa Mengadu Lewat Pusaka

Redaksi
Kamis, 10 Juni 2021, 15:21 WIB Last Updated 2021-06-10T08:22:21Z


Wali Kota Salatiga H Yuliyanto bersama istri saat mencoba aplikasi pusaka



SALATIGA,harian7.com - Untuk memberikan solusi atas permasalahan keluarga yang muncul di masyarakat, Pemerintah Kota Salatiga, luncurkan layanan terintegrasi lintas fungsi Pusat Sahabat Keluarga (PUSAKA) secara online.


Wali Kota Salatiga, H Yulianto mengatakan, sebagai entitas terkecil dalam kehidupan sosial, keluarga dinilai memiliki peran strategis dalam pembangunan manusia, yakni sebagai sekolah pertama dalam mendidik generasi penerus yang berkualitas.


Namun tidak dapat dipungkiri jika hingga kini, masih sering terjadi dinamika instabilitas dalam kehidupan berkeluarga, yang disebabkan oleh himpitan ekonomi, pernikahan dini, kurangnya pengetahuan tentang berkeluarga.


“Saya sangat menyambut baik dan mengapresiasi peresmian Pusat Sahabat Keluarga (PUSAKA). Saya harap Pemerintah dapat membantu memberikan solusi yang terbaik dalam menyelesaikan isu-isu sosial dari lingkungan keluarga. Semakin akan membantu dan membuat masyarakat akan lebih sejahtera,”kata Wali Kota saat meresmikan Pelayanan Terintegrasi PUSAKA pada dinas DP3APPKB, di Rumah Dinas Wali Kota, Rabu (09/06/2021).


Menyikapi hal tersebut, Wali Kota selalu mengajak semua komponen untuk menaruh perhatian guna menciptakan situasi sosial keluarga yang kondusif. Terlebih di masa pandemi yang cukup berdampak besar bagi kondisi psikis individu dalam keluarga.


“ PUSAKA tidak hanya fokus dalam perlindungan terhadap korban kekerasan, tetapi juga menjadi wahana untuk mengedukasi masyarakat mengenai berbagai permasalahan keluarga,” tambahnya.


Dengan adanya fungsi edukasi, diharapkan akan dapat meminimalisir munculnya konflik-konflik di ranah keluarga.


 Oleh karena itu, Yulianto mengimbau para Camat dan Lurah untuk menyosialisasikan kepada seluruh warga masyarakat, agar segala bentuk permasalahan keluarga yang muncul di tengah masyarakat dan segera mendapatkan solusi secara online.


“Melalui website PUSAKA (www.pusaka.salatiga.go.id dan call center 081212160212),  masyarakat bisa mengadukan atau berkonsultasi mengenai masalah keluarga dari rumah atau dari manapun melalui handphone,” tambah Yuliyanto.


Kepala DP3APPKB, Henni Mulyani, mengungkapkan,  PUSAKA merupakan sinergitas dari OPD dan instansi vertikal di Kota Salatiga, yang berperan aktif dan pro aktif berkontribusi dalam mewujudkan keluarga yang bahagia, harmonis dan sejahtera di masyarakat.


“Konseling bisa dilakukan untuk permasalahan bayi, anak, remaja, lansia, Keluarga Berencana, pra nikah dan stunting. Atau jika masyarakat melihat bahkan mengalami kekerasan dalam rumah tangga, dijamin identitas pelapor aman. Selain itu PUSAKA juga menyediakan data kependudukan, layanan rehabilitasi, dan trauma healing tidak berbayar,” ungkap Henni.(*)

Iklan