Iklan

Iklan

,

Iklan

 


Pelatihan Perhotelan Bagi Pencari Kerja Resmi Dilauncing

Redaksi
Rabu, 09 Juni 2021, 15:04 WIB Last Updated 2021-06-09T08:04:39Z
ist.


Laporan: Misba/Herman

Editor: Susilo


TEGAL,harian7.com - Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono melaunching Pelatihan Perhotelan Bagi Pencari Kerja Warga Kota Tegal berlangsung di Ruang Adipura Kota Tegal, Rabu (9/6/2021) pagi. 


Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Tegal R. Heru Setyawan dalam laporannya menyampaikan bahwa peserta pelatihan perhotelan berjumlah 20 peserta.


"Acara ini kerjasama dari Disnakerin, IHKA, Politeknik Trisila Dharma untuk melaksanakan kegiatan pelatihan perhotelan bagi pencari kerja warga Kota Tegal," ujar Heru.


Selain itu, Heru menambhakan bahwa tujuan pelatihan perhotelan tersebut yakni untuk mendorong dan menfasilitasi peningkatan kualitas atau kompetensi pencari kerja sehingga mampu mengisi pasar kerja terutama di bidang perhotelan.


"Ini bertujuan untuk memberikan kesempatan pelatihan kerja dengan mengadakan pemagangan di hotel yang ada di Kota Tegal dan sekitarnya, juga untuk mengurangi angka pengangguran di Kota Tegal," ungkap Heru.


Sedangkan Ketua Umum Badan Pimpinan Pusat Indonesia Housekeepers Association (IHKA) Ahmad Kamil mengutarakan bahwa pelatihan perhotelan merupakan tonggak pertama IHKA.


"Di Kota Tegal merupakan tonggak pertama kami melaksanakan pelatihan ini. Kami berharap semoga bisa memberikan kontribusi SDM di Kota Tegal," ujar Kamil.


Ketua Yayasan Bhinneka Bunga dan Yayasan Pancasakti Imawan Sugiharto mendukung kegiatan pelatihan perhotelan.


"Semoga dapat memberikan inspirasi kepada Poltek Trisila Dharma mampu mengembangkan dan kerjasama dengan pemerintah daerah," ujar Imawan.


Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah Sakina Rosellasari menjelaskan kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mengurangi angka pengangguran terbuka.


"Ini usaha bersama untuk menurunkan angka pengangguran. Ini upaya bersama dan tanggung jawab bersama. Di Jateng ini sudah dibuktikan dengan program pemagangan, peserta diberikan sertifikasi dan penempatan. Ini upaya kita semua untuk mengurangi angka pengangguran terbuka," papar Sakina.


Wali Kota Tegal H. Dedy Yon Supriyono berharap pelatihan perhotelan tersebut dapat memberikan pemahaman dan pembekalan untuk kemajuan didunia pariwisata terutama bidang perhotelan.


"Saya beharap upaya ini nantinya semua peserta mendapatkan sertifkat untuk bekerja di hotel dan menjadi jaminan kualitas alumni pelatihan ini benar dan handal serta pantas bekerja di hotel," papar Dedy Yon.


Dedy Yon juga mengutarkan bahwa Kota Tegal sebagai _central city_ bagi daerah sekitarnya.


"Diharapkan Kota Tegal menjadi kota bisnis, utamanya kita akan membangun obyek wisata sehingga Kota Tegal menjadi destiwisata unggulan dari daerah lain," tambah Dedy Yon.


Salah satu peserta pelatihan, Andri Akbar asal  Kelurahan Panggung menyampaikan bahwa dirinya merasa terbantu dengan adanya pelatihan perhotelan  


"Saya merasa terbantu, apalagi saya baru lulus bisa menambah pengalaman bagi diri saya dan saya berharap nantinya kemampuan yang diperoleh bisa untuk bersaing, khususnya di dunia perhotelan," ujar Andi.(*)

Iklan