Iklan

Iklan

,

Iklan

Pecahkan Rekor MURI, FIF Group Hijaukan Bumi Dengan Tanam 4.500 Pohon Endemik di 55 Titik di Indonesia

Selasa, 29 Juni 2021, 20:54 WIB Last Updated 2021-06-29T13:58:24Z

Pewarta : Heru Novi Haryanto

Editor     : Abdurrochman


JAKARTA, Harian7.com
– PT Federal International Finance (FIF Group), salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk, menggelar Kick Off Hijaukan Bumi dan Lingkungan dengan melakukan Penanaman Pohon Endemik FIF Group 2021.


Helat ini sekaligus untuk pemecahan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) kategori penanaman pohon Endemik, yaitu pohon ketapang dengan nama latin Terminalia catappa, dan penanaman dilaksanakan serentak di 55 titik seluruh Indonesia.


Seperti diketahui, manusia hidup berdampingan dengan alam. Oleh karena itu, sudah sepantasnya kita menjaga dan memelihara kondisi alam serta lingkungan sekitar. 


Lingkungan hidup menjadi isu penting yang sudah menjadi perhatian sejak lama di berbagai belahan dunia, tak terkecuali Indonesia. 


Banyaknya penebangan pohon memicu sejumlah potensi kerusakan alam yang dapat berakibat pada rusaknya ekosistem.


Kegiatan ini juga untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day) yang jatuh setiap tanggal 5 Juni. 


Acara dibuka oleh Human Capital (HC), General Support (GS) and Corporate Communication Director FIF Group, Esther Sri Harjati, Senin (28/6/2021).


Melihat kondisi penyebaran covid-19 yang semakin tinggi, acara dilakukan secara hybrid atau memadukan offline dan virtual yang dilakukan sesuai protokol kesehatan.


Pembukaan dihadiri oleh Astra Financial and FIF Group Advisor R Sutjahja Nugroho dan Yulian Warman selaku Chief of Corporate Communication and Corporate Social Responsibility (CSR) FIF Group serta kepala wilayah dan kepala cabang FIF Group dari 55 titik pelaksanaan kegiatan tanam pohon. 


Hadir dalam seremoni penanaman pohon endemik, tim MURI yaitu Awan Rahargo selaku Senior Manager MURI dan Irendra Putranto selaku Manajer MURI untuk memberikan Piagam Rekor "Penanaman Pohon Sejenis Serentak di Lokasi Terbanyak (Pohon Ketapang)".


Terdapat total 4.500 pohon endemik Indonesia yang ditanam oleh 55 cabang FIF Group yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Pohon atau tanaman endemik adalah pohon atau tanaman yang keberadaannya unik di suatu wilayah dan tidak ditemukan di wilayah lain secara alami. 


Esther menuturkan, penyebab perubahan iklim tidak hanya karena bencana alam saja, tetapi juga akibat perilaku manusia itu sendiri. 


Menurut data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, di Indonesia ada 1.649.258 hektar hutan habis terbakar pada tahun 2019, 296.757 hektar pada tahun 2020, dan hingga akhir Mei tahun 2021 ini sekitar 29 ribu hektar hutan terbakar. 


"Besarnya kebakaran hutan ini diperparah oleh pembakaran hutan untuk pembebasan lahan serta perluasan area pembangunan, belum lagi penebangan pohon ilegal, tentu akan lebih banyak lagi pohon yang hilang di bumi ini, tak terkecuali Indonesia," ujar Esther. 


Dengan hilangnya banyak pohon akibat bencana alam dan ulah manusia, imbuhnya, timbullah bencana yang lain, seperti kekeringan, banjir, dan juga longsor. 


Sesuai Tujuan 13 pada Sustainable Development Goals (SDGs) tentang perubahan iklim, kita harus mengambil aksi segera untuk memerangi perubahan iklim dan dampaknya, seperti kekeringan, banjir serta longsor. 


FIF Group sebagai bagian dari Astra senantiasa melaksanakan Pilar Penghijauan yang diwujudkan dalam komitmen pengelolaan lingkungan serta program-program perbaikan lingkungan lainnya.


Yulian juga mengatakan, kegiatan bertajuk 'Hijaukan Bumi dan Lingkungan bersama FIF Group' menjadi peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day). 


"Pemilihan bibit pohon endemik juga bertujuan agar keberlangsungan ekosistem pohon endemik terus terjaga. Program ini telah dipersiapkan dengan konsultasi dinas terkait di 55 titik penanaman," ungkap Yulian, sembari menjelaskan program ini didukung oleh Dana Sosial Syariah FIF Group.


Selaku Senior Manager MURI, Awan Rahargo berterimakasih kepada keluarga besar FIF Group yang telah melakukan gerakan mulia yaitu penanaman 4.500 pohon endemik di Indonesia yang dilakukan secara serentak di 55 titik dan tersebar di seluruh Indonesia. 


"Oleh karenanya ini telah mampu dicatat sesuai dengan syarat dan kriteria MURI sebagai pencatat peristiwa-peristiwa superlatif. Dengan bangga dan hormat, serta sudah disaksikan oleh manajemen FIF Group dan rekan FIF Group, kami MURI memberikan penghargaan kepada FIF Group," kata Awan. 


Restorasi Ekosistem dengan 4.500 Pohon Endemik


Menurut data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), bencana alam yang terjadi di Indonesia dalam kurun waktu 1 Januari hingga 26 Juni 2021 terjadi banjir di 568 lokasi, bencana akibat puting beliung 354 titik (mayoritas Nusa Tenggara, Sulawesi, dan Sumatera), lalu longsor di 265 titik, belum lagi desa rawan kebakaran hutan, dan titik desa rawan gempa bumi yang jumlahnya lebih dari 40.000 titik.


Banjir dan longsor adalah bencana alam yang mampu diminimalisir dengan usaha dari manusia untuk menjaga alam dan lingkungan. 


Berbagai masalah penyebab terjadinya banjir dan longsor, seperti kurangnya kawasan drainase, membuang sampah sembarangan, efek rumah kaca, penebangan hutan secara liar, bendungan yang tidak berfungsi, resapan air yang tidak bekerja dengan maksimal, sistem tata kelola ruang yang kurang baik, serta bebatuan kurang kuat, adalah hal yang mampu dikelola dengan baik. Seperti yang dilakukan oleh FIF Group pada Senin (28/6/2021) ini. 


Mengacu pada tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021 yaitu Restorasi Ekosistem, FIF Group tergerak untuk dapat ikut andil dan berkontribusi dalam menjaga dan memelihara alam dan lingkungan.


Mengutip tirto.id, restorasi ekosistem dapat mengambil banyak bentuk, yaitu seperti menanam pohon, menghijaukan kota, membangun kembali kebun, mengubah pola makan atau membersihkan sungai dan pantai. 


Sejalan dengan tema tersebut, maka FIF Group melakukan penanaman 4.500 pohon endemik di 55 titik yang tersebar di seluruh Indonesia, dan diharapkan dapat membantu menghijaukan kembali alam dan lingkungan, sekaligus memelihara keberlangsungan pohon endemik di tiap daerah.


Dalam kurun waktu 10 tahun dari 2011–Mei 2021, FIF Group sudah melakukan tanam pohon sebanyak 80.564 pohon. Dan FIF Group berupaya untuk dapat terus berkontribusi secara berkesinambungan dalam menjaga dan memelihara alam serta lingkungan.


Pohon Ketapang Menjadi Pilihan 


Bibit pohon endemik yang dipilih adalah ketapang yang merupakan jenis pohon tepi pantai yang rindang. Meski demikian, ketapang dapat hidup di mana saja serta memiliki nilai ekonomis dan ekologis dalam pemulihan kawasan hulu sungai.


Kriteria lokasi pelaksanaan penanaman pohon endemik ini diutamakan pada area rawan bencana banjir atau longsor di tiap daerah. 


Namun untuk beberapa lokasi cabang yang sulit akses, maka akan ditanam pohon yang mudah diperoleh.


Kepala Cabang FIF Group Cilacap 2 Rosalia M Indriarti mengatakan, kegiatan ini sungguh diperlukan khususnya di daerah rawan banjir dan longsor, karena selain menjaga ekosistem, pohon-pohon ini nantinya juga akan dapat melindungi generasi anak cucu kita di masa yang akan datang.

 

"Ini juga merupakan bentuk tanggung jawab sosial perseroan kepada bumi kita tercinta, Indonesia," ungkapnya. 


 Pelaksanaan kick off penanaman pohon yang dilakukan PT Federal International Finance (FIF Group) oleh Human Capital (HC), General Support (GS) and Corporate Communication Director FIF Group Esther Sri Harjati, Astra Financial and FIF Group Advisor R Sutjahja Nugroho, dan Chief of Corporate Communication and Corporate Social Responsibility (CSR) FIF Group Yulian Warman berlokasi di Menara FIF, Jakarta, Senin (28/6/2021).


PT Federal International Finance merupakan anak perusahaan PT Astra International yang bergerak di bidang usaha pembiayaan ritel khusus sepeda motor Honda yang diproduksi oleh PT Astra Honda Motor Tbk, anak perusahaan PT Astra International Tbk. 


Tepat 1 Mei 2013, perseroan melakukan proses rebranding dengan meluncurkan new identity berupa logo baru berbentuk sidik jari dan penyebutan nama perseroan menjadi FIF Group yang merupakan grup manajemen dari FIF Astra untuk pembiayaan sepeda motor, Spektra untuk pembiayaan elektronik dan perabot rumah tangga, Danastra melayani pembiayaan multiguna dan Amitra yang melayani pembiayaan syariah.


 FIF Group merupakan perusahaan pembiayaan sepeda motor dan elektronik terbesar di Indonesia dengan lebih dari 242 kantor cabang dan 385 Point of Service (POS). (*) 

Iklan