• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    www.harian7.com

    Adv

    Gelar Samapta Periodik I Tahun 2021, Dalam Rangka Tingkatkan Kemampuan Fisik Prajurit

    REDAKSI
    Selasa, 08 Juni 2021, 9:03:00 PM WIB Last Updated 2021-06-08T14:04:13Z


    SALATIGA,harian7.com - Dalam rangka untuk meningkatkan kemampuan fisik guna  mendukung kelancaran tugas pokok di kesatuan, Korem 073/Makutarama melakukan Tes Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik I tahun 2021. 


    Kegiatan ini dipusatkan di lapangan Kurusetra Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa, jalan Veteran Salatiga, Jawa Tengah, Selasa (8/6/2021).


    Kegiatan tes kesegaran jasmani periodik I Tahun 2021 ini diikuti oleh prajurit dan PNS Korem 073/Makutarama, Kodim 0714/Salatiga serta Disjan jajaran Korem. Pelaksanaanya dimulai tanggal 7 s.d 9 Juni 2021.


    Dalam kesempatan ini, Kajasrem Korem 073/Makutarama  Lettu Kav I Putu Niada mengatakan, kesegaran jasmani ini bertujuan untuk mengetahui dan mengukur kemampuan kesemaptaan jasmani seorang prajurit secara berkala.


    “Untuk diketahui kegiatan samapta meliputi kesegaran Jasmani A Lari 12 Menit dan Kesegaran B (Pull Up, Shits Up, Push Up, Lunges, Shuttle Run serta renang ketangkasan. Selain disiplin, jago tembak dan jago bela diri, prajurit yang profesional juga harus ditopang dengan fisik yang prima. Fisik yang prima hanya bisa didapatkan dengan latihan. Untuk itulah kegiatan samapta harus rutin dilaksanakan,”tegas Lettu Kav I Putu Niada.


    Lebih lanjut Pasipers Mayor Caj Miftakhurokhman mengungkapkan, bahwa tes samapta periodik ini wajib bagi seluruh prajurit maupun PNS Korem 073/Makutarama, mengingat sebagai alat pertahanan negara dan bentuk tanggungjawab dalam memelihara ketahanan fisik guna kesiapan dalam menghadapi setiap tugas sebagai bhayangkari negara dalam menjaga kedaulatan negara dan keutuhan wilayah NKRI, maka prajurit dituntut memiliki fisik yang prima dan tubuh yang kuat.


    "Prajurit harus selalu dalam kondisi bugar, fit, sehat dan kuat, setiap saat harus selalu siap bergerak, untuk itu prajurit senantiasa harus dengan penuh kesadaran membina jasmani dan menjaga kebugaran fisiknya agar selalu tetap prima,"ucap Pasipers.(*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini