• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    www.harian7.com

    HUT RI

     




    Adv

    Embung Walitis Kini Disulap Menjadi Tempat Wisata Yang Mampu Menarik Wisatawan

    Admin : Ady Prasetyo
    Minggu, 20 Juni 2021, 8:36:00 PM WIB Last Updated 2021-06-20T19:11:00Z

    Penulis : Wahono | Kontributor Temanggung



    TEMANGGUNG, harian7.com -Awal mulanya embung Walitis di Desa Jethis kalimas, Kecamatan Selopampang, Kabupaten Temanggung, akan dimanfaatkan untuk pertanian, Namun dirasa kurang maksimal maka sejak tahun 2013 diambil alih pemuda menjadi tempat wisata, sekitar dua ratus Pemuda Desa dikerahkan untuk mengelola secara bergiliran.


    Selain menawarkan wisata air, diapit perbukitan dan hamparan ladang milik warga, juga disediakan panggung kecil untuk pentas musik dan kesenian setiap akhir pekan, Terdapat gazebo sebagai tempat istirahat, mainan anak, ada pula spot poto dan juga mushola. Tidak ketinggalan warung yang dikelola oleh pemuda.


    Ketika ditemui media, Minggu, (20/6/2021) Pawit (43) Selaku ketua pengelola wisata mengatakan, Awalnya embung ini kurang berfungsi maksimal, tapi setelah ada sentuhan tangan kreatif pemuda- pemuda disini, alhasil embung disulap menjadi tempat wisata. 


    "Pengunjung kebanyakan dari lokal Temanggung namun banyak juga yang dari luar kota, Hanya sekedar ingin menikmati pemandangan alam yang masih alami dan udara segar sembari menikmati live musik terkadang pementasan budaya lokal," paparnya 


    Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat bagi semua pengunjung, pengelola berharap sepulang dari embung pengunjung mendapatkan kepuasan berwisata.


    Saat di tanya berapa banyak pengunjung, Pawit Menjelaskan, Pada hari biasa rata -rata hanya enam puluhan orang, namun saat akhir pekan dan hari libur bisa mencapai tiga kali lipatnya, Pendapatan serta merta dikelola oleh Bumdes, Selain untuk perawatan dan kemajuan embung ini juga dibagi untuk beberapa bidang.


    " Selama ini perhatian pemerintah Desa dan Pemerintah Daerah sangat baik, harapan saya akan lebih diperhatikan supaya embung ini lebih dikenal kalangan luas. Untuk promosi kami melakukan posting lewat sosial media," imbuhnya.


    Harapan saya dengan dikelolanya embung ini akan mendorong ekonomi warga desa ini, selain itu selama ini menjadi kegiatan positif bagi pemuda, mereka menjadi kreatif, juga semangat dalam beraktifitas. 


    Sementara itu, Irmawati (30) salah satu pengunjung dari Semarang mengatakan, Wisata disini sangat menyenangkan, selain bisa bermain di embung dengan menaiki perahu bebek, kita bisa memanjakan mata melihat begitu indahnya pegunungan. Tuturnya. (*)



    Komentar

    Tampilkan

    Terkini