• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    www.harian7.com

    Adv

    Antisipasi BOR di RS Menipis, Pemkot Magelang Tambah Tempat Isolasi

    REDAKSI
    Selasa, 29 Juni 2021, 3:49:00 PM WIB Last Updated 2021-06-29T08:49:28Z
    Ist.


    Laporan: Ady Prasetya/DJ


    MAGELANG,harian7.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang menyiapkan satu lagi lokasi karantina atau isolasi pasien positif Covid-19 tanpa gejala (OTG) di Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Semarang, Kampus V di Jalan Perintis Kemerdekaan nomor 143 Kota Magelang. Hal ini sebagai antisipasi jika Bed Occupancy Rate (BOR) di Rumah Sakit (RS) rujukan dan tempat isolasi semakin menipis.


    “Kita tambah tempat karantina terpadu di Poltekkes, dengan kapasitas 80 tempat tidur (TT),” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Magelang Intan Suryahati, Senin (28/6/2021).


    Intan menyampaikan, saat ini Poltekkes sudah siap dihuni oleh pasien positif Covid-19.


    “Sudah siap, tapi belum ada yang datang, penuhi hotel-hotel dulu,” katanya.


    Intan juga memastikan, saat ini ketersediaan tabung oksigen di Kota Magelang masih mencukupi.


    Sebelumnya, Pemkot Magelang sudah menyediakan tempat karantina bagi pasien Covid-19 tanpa gejala, yakni di Hotel Borobudur Indah di Jalan A Yani, dan Hotel Safira di Jalan Gatot Soebroto Kota Magelang.


    Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Magelang, BOR di tiga rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 Kota Magelang saat ini sudah mencapai 82,8 persen. Tiga rumah sakit yang dimaksud adalah RSUD Tidar, RSJ Prof dr. Soerojo, dan RST dr Soedjono.


    Adapun ketergunaan tempat tidur isolasi perawatan pasien Covid-19 di tiga rumah sakit tersebut sebagian besar dihuni oleh pasien luar Kota Magelang. Dari 361 pasien terindikasi Covid-19 (suspek dan konfirmasi), sebanyak 135 pasien di antaranya merupakan warga dalam kota. Sedangkan 226 orang merupakan warga luar daerah.(*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NEWS FOTO

    +