Iklan

Iklan

,

Iklan

6 Ribu Orang di Salatiga Ikuti Vaksinasi Massal, Wali Kota: 'Harapan kita pandemi segera usai, sehingga perekonomian kembali bangkit'

Redaksi
Kamis, 03 Juni 2021, 14:09 WIB Last Updated 2021-06-03T07:21:38Z
Wali Kota Salatiga H Yulianto saat memantau pelaksanaan vaksinasi massal.(Istimewa)


Laporan: Bang Nur


SALATIGA,harian7.com – Pastikan pelaksanaan berjalan lancar, Wali Kota Salatiga H Yulianto SE MM pantau langsung  pelaksanaan vaksinasi massal yang di laksanakan oleh Dinas Kesehatan Kota Salatiga di Aula Gedung Disbun, Ngawen, Kota Salatiga, Rabu (02/06/2021).


Pada kesempatan tersebut, Wali Kota turut didampingi, Kepala Dinas Kesehatan Kota Salatiga Siti Zuraidah, Wakil Wali Kota Salatiga Muh. Haris beserta jajaran Forkompimda lainnya.


Kepala Dinas Kesehatan Kota Salatiga, Siti Zuraidah mengatakan  bahwa DKK Salatiga pada akhir bulan Mei mendapatkan alokasi vaksin dari Provinsi sebanyak 11.229 dosis, setelah mendapatkan vaksin tersebut langsung dilaksanakan vaksinasi salah satunya dengan vaksin secara massal ini.


“Vaksinasi massal hari ini diikuti sebanyak 6 ribu orang dengan sasaran 4 ribu Tenaga Pendidik dan 2 ribu Pelayan Publik seperti pegawai kedinasan, karyawan bank dan hotel, BUMD, pedagang, kaum difabel dan UMKM. Sedangkan 4 ribu dosis untuk vaksinasi lansia dan pralansia di tiap-tiap Puskesmas serta 1.200 dosis untuk vaksinasi dosis ke 2 yang terjadwal di minggu pertama dan kedua pada bulan Juni 2021,”jelas Siti.


Untuk menghindari penumpukan dan kerumunan, lanjut Siti, Dinas Kesehatan Kota Salatiga telah menjadwalkan pelaksanaan vaksin massal selama 3 hari mulai tanggal 2 Juni hingga 4 Juni 2021, dengan target satu hari dilakukan penyuntikan sebanyak 2 ribu orang.


“ Pada pelaksanaan vaksinasi massal ini Dinas Kesehatan telah menyiapkan 12 meja dari masing-masing faskes di Kota Salatiga. Dengan total 48 tenaga kesehatan dimana setiap meja terdapat 4 tenaga kesehatan. Untuk Kota Salatiga selama vaksinasi dari awal sampai sekarang mendapatkan jenis vaksin berupa Sinovac,” tambahnya.


Sementara itu, Wali Kota, Yuliyanto dalam pemantauan vaksinasi massal mengungkapkan apresiasinya terhadap Dinas Kesehatan Kota Salatiga yang memberikan pelayanan vaksinasi dengan cepat dan tepat.


“Memang program vaksinasi massal ini membantu percepatan penanganan Covid-19 di Kota Salatiga, berharap Kota Salatiga kembali mendapatkan alokasi vaksin dari pusat sehingga dapat kembali melaksanakan vaksinasi lagi secara massal seperti ini. Dengan vaksinasi yang cepat tertangani, harapan kita pandemi segera usai sehingga perekonomian kembali bangkit,"pungkas Yuliyanto.


Sebagai informasi, Dinas Kesehatan Kota Salatiga telah melaksanakan penyuntikan dosis pertama dan kedua sebanyak 35.551 orang, dimana sebanyak 22.181 orang sudah disuntik dosis pertama dan 13.370 orang sudah disuntik dosis kedua. Selain itu, program vaksinasi di Kota Salatiga berdasarkan sasaran target per 1 juni 2021 untuk dosis pertama sudah mencapai 70,34 persen dengan rincian SDM Kesehatan 120,33 persen kemudian Petugas Publik 70,83 Persen serta Lansia 62,80 Persen.  Sementara itu untuk dosis kedua sudah mencapai 42,40 persen dengan rincian SDM Kesehatan 113,58 persen kemudian Petugas Publik 41,00 persen serta Lansia 33,13 persen. Berharap dengan pelaksanaan vaksinasi ini segera terbentuk imunitas kekebalan kelompok masyarakat dan kita bisa melawan virus Covid-19 ini.

Iklan