• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    www.harian7.com

    Adv

    Pengelola dinilai Ingkar Janji , Warga Kedawung Kembali Tutup Akses Jalan Kelokasi Tambang

    REDAKSI
    Selasa, 11 Mei 2021, 3:46:00 PM WIB Last Updated 2021-05-11T08:46:29Z


    Laporan: Iwan Setiawan | Kontributor Banjarnegara


    BANJARNEGARA,harian7.com - Puluhan orang warga Desa Kedawung Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara ramai - ramai menutup Akses jalan arah tambang Galian C Sungai Serayu yang ada di wilayah Desa Kedawung Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara, Senin (10/05/2021).



    Saat ditemui harian7.com, Rasmuji salah satu warga dari 9 orang yang tanah pekarangannya digunakan untuk akses jalan menuju sungai Serayu mengatakan, dengan ini kami menyatakan menutup akses jalan kearah galian C atau sedot pasir karena tidak sesuai dengan perjanjian alias ingkar janji, dan kami merasa dirugikan tanah tepian mulai longsor. 


    Selanjutnya, Rasmuji bersama warga sekitar (RT 01/RW 01) sepakat untuk menutup akses jalan menuju lokasi tambang menggunakan batang bambu disertai bener bertuliskan.


    "kami menolak penambangan didesa. Kedawung," jelasnya.


    Rasmuji menambahkan, ditempat yang sama salah satu warga Desa setempat menjelaskan  , aksi tutup jalan akses menuju tambang ini menindak lanjuti , aksi demo yang dilakukukan warga desa Kedawung di kantor desa setempat beberapa saat yang lalu, pasalnya rusaknya jalan di desa kedawung disekitar (Rt01/Rw01)


    "Dalam aksi demo dahulu meminta agar armada dam truk tidak melalui ruas jalan desa Kedawung, akhirnya disepakati melewati desa Dermasari,"ungkap Rasmuji. 


    Rasmuji menyampaikan, penambangan menggunakan alat berat dan mesin sedot sudah berlangsung lama dan  kendaraan truk melintas melalui jalan desa Kedawung."Pada saat aksi demo penutupan jalan, dilokasi tidak ada aktifitas penambangan, karena sudah diketahui pihak penambang,"tuturnya.


     Saat pelakasanaan aksi demo penutupan dihadiri Joko Purwono Kepala Desa dan beberapa tokoh masarakat seperti Suhendro waga desa Kedawung .



    Di tempat lain Kepala Desa Kedawung Joko Purwono, saat dikonfirmasi mengatakan, kami hadir karena ada informasi bahwa akses jalan yang menuju tambang galian C, sedang ditutup oleh warga masyarakat.


    "Mendengar kabar tersebut maka kami langsung datang ke lokasi menyampaikan kepada warga pendemo , silahkan mau ditutup jalan yang menuju tambang galian C, itu adalah tanah hak milik pribadi dari warga sekitar Rt 01/ Rw 01,"ujar Joko Purwono.


    Joko Purwono menambahkan dalam pelaksanaan tambang yang dikelola oleh Juwono bersama warga masyarakat sekitar tambang, tidak ada izin dari Desa Kedawung.


    "Kami kembalikan ke warga Kedawung lagi ,apakah masih terus ditambang atau berhenti total,"pungkas Joko .

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NEWS FOTO

    +