• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    www.harian7.com

    Adv

    Kurang Produktif, Tanah Bengkok Desa Kasih Ditanami Jambu Merah

    REDAKSI
    Senin, 10 Mei 2021, 3:29:00 AM WIB Last Updated 2021-05-09T20:29:02Z
    Saat menanam bibit pohon jambu merah.


    Laporan: Wahyudin | Kontributor Purbalingga


    PURBALINGGA,harian7.com – Melalui kegiatan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) yang dimotori oleh Pemuda Tani Surya Muda Desa Kasih, Kecamatan Kertanegara, Kabupaten Purbalingga, kini lahan bengkok desa yang kurang produktif ditanami jambu merah.


    Kegiatan penanaman jambu merah ini turut dihadiri Bupati Purbalingga, Kepala Dinas Pertanian, Kadinpermasdes, Karseno selaku anggota DPRD dari Komisi F yang berasal dari daerah setempat, Forkopimcam Kertanegara termasuk turut hadir Danpos Ramil Kertanegara Peltu Ragil serta tamu undangan lainnya.


    Menurut Peltu Ragil  saat dikonfirmasi menuturkan kegiatan PKTD ini merupakan kegiatan dari pemerintah untuk memberdayaan masyarakat desa guna mengurangi kemiskinan, pengangguran yang bertujuan meningkatkan pendapatan dan mewujudkan ketahanan pangan.


    "Kegiatan dalam rangka meningkatkan pendapatan masyarakat serta mengurangi kemiskinan di desa salah satunya melalui sektor pertanian sehingga merupakan kegiatan yang perlu mendapatkan dukungan berbagai pihak termasuk dari TNI AD sendiri hal ini juga merupakan perintah pimpinan untuk melaksanakan pendampingan kepada masyarakat desa khususnya petani," katanya.


    Disisi lain seperti digambarkan oleh Kepala Desa (Kades) Kasih Supriyadi, kegiatan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) di desanya memberdayakan Pemuda Tani. Kegiatan ini berawal dari para pemudik perantauan Desa Kasih yang pada awal pandemi lalu jadi pengangguran namun kemudian mereka bangkit dan bergerak membentuk Pemuda Tani.


    “Pemuda Tani yang tergabung menamai kelompoknya Surya Muda, beranggotakan sebanyak 50 orang, dipekerjakan untuk menanam 2000 bibit pohon jambu kristal merah di tanah bengkok desa Dusun I seluas 2 hektar,” kata Supriyadi, Minggu, (9/5/2021).


    Adanya kegiatan ini Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, S.E., B.Econ., M.M. mengungkapkan, Padat Karya Tunai Desa merupakan program yang dicanangkan pemerintah pusat yang harus disukseskan bersama.


     “Semoga kegiatan ini menginspirasi desa-desa yang lain di Purbalingga sehingga Padat Karya Tunai Desa bisa terus dilaksanakan dan digulirkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” katanya.


    Terkait dengan aspirasi Pemuda Tani Surya Muda dibidang pertanian, Bupati siap membantu melalui fasilitasi dari Dinas Pertanian Kabupaten Purbalingga. Termasuk juga jika ada jalan usaha tani yang perlu dibangun Pemkab Purbalingga siap memfasilitasi.


    “Termasuk saya berjanji dianggaran perubahan kelompok Pemuda Tani Surya Muda akan mendapatkan dana stimulan dari Pemkab Purbalingga,” kata Tiwi.


    Terkait dengan usulan pembangunan sumur bor untuk pertanian, realisasinya akan dikawal langsung oleh Karseno, S.H. selaku Anggota DPRD Kabupaten Purbalingga dari Dapil setempat. Bupati berpesan agar masyarakat Desa Kasih untuk tetap semangat dan terus berjuang dan bergerak untuk memajukan Purbalingga.(*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini