• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    www.harian7.com

    Adv

    Jelang Lebaran, Pasokan Pangan di Demak Aman, Masyarakat Tak Perlu Kawatir

    Admin: Shodiq
    Selasa, 04 Mei 2021, 2:53:00 AM WIB Last Updated 2021-05-03T19:53:43Z
    Istimewa.


    DEMAK,harian7.com – Menjelang lebaran, masyarakat Demak  tidak perlu khawatir terhadap pasokan pangan. Pasalnya, pasokan pangan di wilayah tersebut masih aman hingga Hari raya Idul Fitri. Hal itu disampaikan Kabid Pertahanan Pangan Dinas Pertanian Pangan Kabupaten Demak Dewi Sujiyati saat ditemui di kantornya, Senin (3/5/2021). 


    Disampaikan, komoditas pangan menjelang hari raya Idul Fitri di wilayah Kabupaten Demak mengalami surplus.


    “Karena ketersediaan pangan di Kabupaten Demak ini hanya ada beberapa komoditas yang istilahnya kita harus mendatangkan dari luar daerah, itupun masih bisa tercukupi,” kata Sujiyati.


    Adapun komoditas yang didatangkan dari luar daerah, lanjutnya, antara lain telur, susu dan cabe.


    “Telur itu memang mendatangkan dari Kabupaten Kendal. Susu kita tidak dapat memproduksi sendiri, karena populasi sapi perah di Kabupaten Demak tidak ada. Sedangkan cabe rawit merah, belum ada di Kabupaten Demak. Namun untuk komoditas lainnya bisa terpenuhi dari kita sendiri,” ungkapnya.


    Sementara terkait harga, Sujiyati mengatakan, ada kenaikan menjelang lebaran pada telur, daging ayam, daging sapi, bawang, dan cabe, tetapi masih signifikan. Untuk itu, melalui program pengembangan usaha pangan, masyarakat diharapkan dapat menstabilkan harga pasar.


    “Pada program tersebut ada 10 gapoktan (gabungan kelompok tani) yang sudah mendapat permodalan dari pemerintah, sebanyak Rp100 juta per kelompok. Itu bisa di pakai untuk menstabilkan harga di pasaran, yaitu untuk komoditas beras dan bawang merah,” terangnya.


    Ditambahkan, adapun perbandingan kenaikan harga yang terjadi pada 2020 dan 2021, di antaranya telur ayam ras empat persen dari harga tahun lalu Rp24.000/kg sekarang Rp25.000/kg. Daging ayam ras masih stagnan di harga Rp36.000/kg. Daging sapi kenaikan tujuh persen tahun lalu Rp112.000/kg, sedangkan tahun ini Rp127.000/kg. Selanjutnya untuk cabe merah kenaikan 15 persen, dari Rp25.000/kg menjadi Rp30.000/kg.(Faiz/ril/hj)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini