Iklan

Iklan

,

Iklan

 


Investor Turki Lirik Jateng

Redaksi
Minggu, 02 Mei 2021, 14:34 WIB Last Updated 2021-05-02T07:41:21Z

 

Istimewa.

SEMARANG,harian7.com – Duta Besar Indonesia untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal menilai Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi yang banyak dilirik investor Turki. Jateng menjadi provinsi yang potensial bagi pengusaha Turki untuk menanamkan modalnya di sini.


Hal itu disampaikan Iqbal kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat berkunjung ke rumah dinasnya di Puri Gedeh Kota Semarang, Sabtu (1/5/2021) malam. Dalam pertemuan itu, dibahas potensi kerja sama yang dapat dilakukan antara Turki dan Jateng.


“Kami ingin berkontribusi melakukan sesuatu buat Jateng. Apalagi, saya melihat Pak Ganjar memiliki semangat luar biasa dalam mengembangkan potensi-potensi yang ada di provinsi ini,” kata Iqbal.


Ditambahkan, banyak pengusaha di Turki berminat untuk datang ke Jateng. Mereka ingin melakukan usaha di provinsi yang terkenal dengan iklim investasi yang kondusif.


“Tadi saya diskusi soal kerja sama pengolahan pangan, teknologi pascapanen di Jateng. Turki cukup maju dalam teknologi itu, dan minat inves dalam bidang ini sudah banyak,” terangnya.


Selain itu, ada juga pembicaraan mengenai kerja sama di bidang transportasi listrik, khususnya untuk angkutan umum. Selain itu, diskusi mengenai perdagangan antarnegara itu.


“Termasuk handycraft Jateng itu laku keras di Turki. Nanti kami akan bantu pasarkan di sana, termasuk kami bantu investor Turki untuk datang ke Jawa Tengah,” pungkasnya.


Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyambut baik adanya kerja sama antara Turki dan Jawa Tengah. Menurutnya, dengan kerja sama itu, maka produk-produk Jateng akan tembus ke pasar internasional.


“Beberapa waktu lalu saya kedatangan Dubes Ceko, selang beberapa hari saya ngobrol virtual dengan Dubes Inggris. Sama, membahas potensi kerja sama dengan kami. Maka saya menyambut baik Pak Iqbal ini karena potensi kerja sama dengan Turki sangat menjanjikan,” terangnya.


Selama ini, lanjut Ganjar, ia memang getol menjalin komunikasi dengan para Dubes Indonesia di berbagai negara. Dalam komunikasi itu, selalu dibahas potensi kerja sama yang mungkin bisa dilakukan.


“Dan semua menyambut baik, kita sering dibantu para Dubes itu memasarkan produk unggulan Jateng di berbagai negara, termasuk dibantu memasarkan potensi investasi pada pengusaha-pengusaha di sana,” pungkasnya.(Ril/DJ)

Iklan