• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    www.harian7.com

    Adv

    Desa Wisata Janari, Pelancong Bisa Menikmati Alam Pedesaan yang Asri di Gatran Gondangsari

    Admin : Ady Prasetyo
    Kamis, 27 Mei 2021, 2:44:00 PM WIB Last Updated 2021-05-30T13:48:50Z

     Penulis : Danu Yogi Kurnia | Kontributor Wisata & Budaya Magelang 


    Beberapa gasebo dan tempat kongkow-kongkow bagi para wisatawan disediakan oleh warga masyarakat dengan bahan asli pedesaan. 


    MAGELANG, harian7.com - Wilayah Kabupaten Magelang adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang menjadi surga bagi para pecinta wisata alam dan pedesaan. Kondisi alam yang subur menghijau membuat kawasan ini menjadi sejuk dan tentu menjadi potensi besar untuk menarik wisatawan berkunjung.


    Ada banyak tempat wisata alam di Magelang, salah satunya sebuah obyek wisata yang harus anda coba adalah berkunjung ke Desa Wisata Janari (Jaga Alam Nikmati Budaya yang Lestari) yang ada di Dusun Gatran Desa Gondangsari Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang.


    Disini para pelancong akan disuguhi wisata alam dengan latar pedesaan yang masih asri. Awalnya desa ini hanya berupa dusun biasa hingga pemuda pemudi masyarakat setempat menyadari bahwa sebenarnya desa mereka menyimpan potensi alam yang belum dimaksimalkan. Akhirnya masyarakat bahu-membahu memoles Dusun Gatran menjadi desa wisata yang diharapkan bisa menjadi magnet baru bagi wisatawan untuk berkunjung serta untuk memberdayakan masyarakat lokal.


    Beberapa fasilitas, edukasi dan permainan yang ada di Desa Wisata Janari. 


    Kepala Desa Gondangsari Pawit Widodo mengatakan, Setelah dibuka secara resmi pada tanggal 29 Maret 2021 lalu, Di Desa Wisata Janari wisatawan bisa menikmati beragam fasilitas maupun aktivitas wisata yang tentunya berkaitan langsung dengan alam. 


    " Paket wisata yang ditawarkan antara lain menginap 2 hari satu malam, Edukasi olah lahan pertanian, Edukasi dolanan (permainan) tradisional yang didalamnya banyak sekali filosofi yang terkandung, Edukasi kesenian pencak silat, Edukasi mengenai peternakan, serta edukasi kerajinan yaitu cara pembuatan sapu klobot," Jelasnya.


    Untuk mencapai lokasi ini sangat mudah, karena hanya masuk beberapa meter dari ruas jalan Magelang - Kopeng KM.24.


    Salah seorang pemudi dusun setempat, Danik Ermilasari, berharap dengan adanya Desa Wisata ini bisa menebarkan manfaat bagi masyarakat luas dan mampu meningkatkan kedisiplinan, tanggung jawab, kebersamaan dan tentunya terciptanya kerukunan masyarakat didusun Gatran.


    "Selebihnya agar bisa menciptakan lapangan kerja bagi semua warga masyarakat dusun gatran yang belum memiliki pekerjaan sehingga nantinya bisa meningkatkan taraf kesejahteraan kehidupan bagi khususnya masyarakat dusun Gatran serta warga Desa Gondangsari pada umumnya," Jelasnya. (*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini