Iklan

Iklan

,

Iklan

 


Bupati Purbalingga Tekankan Pengelola Wisata Terapkan Prokes

Redaksi
Minggu, 16 Mei 2021, 18:38 WIB Last Updated 2021-05-16T11:38:49Z


Laporan: Wahyudin | Kontributor Purbalingga


PURBALINGGA,harian7.com - Dalam rangka mengantisipasi penyebaran covid-19 terutama di tempat-tempat wisata, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) menekankan kepada pengelola wisata untuk menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19 yang ketat. Terlebih ketika libur lebaran dan animo masyarakat yang berkunjung ke tempat wisata cukup tinggi.


“Sosialisasi di tempat-tempat wisata ini saya lihat terus dilakukan oleh pengelola wisata dan kami pemerintah bersama jajaran TNI/Polri melakukan langkah-langkah antisipatif,” kata Bupati Tiwi di sela-sela kegiatan Monitoring di Owabong, Minggu (16/5/2021).


Bupati Tiwi menerangkan upaya yang terus dilakukan untuk mencegah penyebaran covid-19 yakni dengan menerapkan rapid antigen massal di seluruh tempat-tempat wisata yang ada di Kabupaten Purbalingga. Selanjutnya, seluruh jajaran TNI, Polri, Dinhub, Satpol PP dan petugas kesehatan berjaga di seluruh tempat-tempat wisata untuk ikut serta mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan.


“Kami mengimbau dan mohon bantuannya kepada seluruh masyarakat untuk selalu ingat penerapan protokol kesehatan karena apapun covid belum selesai dan keberhasilan penanganan covid butuh sengkuyung, dukungan dan kedisiplinan dari seluruh elemen masyarakat,” tandasnya.


Lebih lanjut, Bupati menjelaskan adanya penekanan kepada pengelola wisata untuk mengatur kapasitas pengunjung yakni dengan cara penutupan ketika kapasitas sudah melampaui dari yang diterapkan. Bupati Tiwi meminta kepada pengelola wisata untuk menerapkan keamanan di seluruh lini pengelolaan tempat-tempat pariwisata.


“Spanduk-spanduk sosialisasi protokol kesehatan di tempat wisata juga perlu diperbanyak dan dipasang di tempat-tempat strategis untuk mengingatkan pengunjung agar tetap mematuhi protokol kesehatan,” ujar Bupati Tiwi.


Ia berharap berbagai upaya yang telah dilakukan dapat menekan penyebaran covid-19. Dan tentunya tidak ada lonjakan yang signifikan setelah libur Hari Raya Idul Fitri 1442 H.


“Butuh sinergitas antara Pemerintah Daerah, jajaran TNI/POLRI, unsur Forkopimda, tokoh agama, dan tokoh masyarakat untuk kita bersama-sama mensukseskan penerapan protokol kesehatan sebagai salah satu langkah penanganan covid 19 di Kabupaten Purbalingga,” terangnya.


Bupati Tiwi menuturkan akan terus memantau perkembangan kunjungan wisatawan ke tempat-tempat wisata. Harapannya protokol kesehatan terus diterapkan secara ketat sehingga nantinya tidak ada peningkatan angka covid-19 di Purbalingga.


“Mudah-mudahan protokol kesehatan bisa terus kita terapkan dan tidak ada lonjakan yang signifikan dari angka covid-19 di Kabupaten Purbalingga,” harapnya.

Iklan