• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    www.harian7.com

    Adv

    Banyak Keutamaan Malam Lailatul Qadar, Gus Rifa: 'Tanda - tanda malam itu sangat tenang, tidak ada hujan, tidak terlalu dingin dan tidak panas'

    REDAKSI
    Minggu, 09 Mei 2021, 3:48:00 AM WIB Last Updated 2021-05-08T20:48:47Z
    Gus Rifa, Putra KH Adang Rosydin pendiri Ponpes Tauhidul Afkar.


    Laporan: Bang Nur


    RELIGI,harian7.com - Sepuluh hari terakhir di bulan Ramadan adalah waktu yang dinantikan umat Islam. Karena di malam tersebut adalah kesempatan bagi umat Islam bertemu dengan Lailatul Qadar. 


    Keutamaan malam Lailatul Qadar menurut Imam As Sauri yakni amalan puasa, iktikaf, dan sholat malam di malam itu lebih baik daripada melakukan amalan serupa dalam 1.000 bulan. Malam Lailatul Qadar disebutkan dalam hadits berada pada 10 hari terakhir Bulan Ramadhan dan berada di tanggal ganjil. 


    Disampaikan Gus Rifa Jamaludin Nasir SHI MSI seorang ahli Falak menuturkan, malam lailatul qodar adalah malam istimewa yg lebih baik dr 1000 bulan, berarti malam tersebut lebih baik dari 83 tahun 4 bulan. 


    "Jadi kalau kita ibadah di malam ini maka sama halnya kita beribadah lebih dr 83thn 4 bulan tanpa jeda,"tuturnya, saat ditemui harian7.com, Sabtu (8/5/2021) malam.


    Putra dari KH Adang Rosydin pendiri Ponpes Tauhidul Afkar Cianjur Jawa Barat yang kini tinggal di Salatiga menjelaskan, keistimewaan ini hanya diperuntukan untuk Umat Nabi Muhammad SAW. "Dinamakan lailatul qodar sebab kata lailah bermakna malam dan kata al-qodr bermakna penetapan,"jelasnya.


    Menurut para ulama,masih kata Gus Rifa,  pada malam ini ditetapkannya qodo dan qodar (ketentuan) manusia. Ada ulama yg berpendapat juga bahwa pada malam ini hanya ditetapkan ketentuan yg menyenangkan dan membahagiakan.


    "Kata Al-qodar juga bermakna Al-Adim atau mulia, sebab malam ini malam yang mulia, malam dimana turunnya (ulang tahun) Al--Qur'an dr Lauhil Mahfudz ke samaiddunnya (langit dunia),"katanya.


    Ditambahkan Dosen IAIN Salatiga Fakultas Syariah, jadi dengan kita bersungguh sungguh, untuk beribadah dan mencari malam ini diharapkan selain dapat pahala ibadah seperti lebih dari ibadah selama 83 tahun, juga diharapkan akan mendapatkan ketetapan kebahagian, ketenangan dan kemuliaan hidup dari  Allah SWT.


    "Bagaimana kita bisa mendapatkan malam ini dan kapan malam ini terjadi? Para ulama sudah meneliti dan memperhatikan dengan seksama yg tentunya berbasis tanda tanda yang telah disabdakan oleh Nabi Muhamad SAW."


    "Nabi memberikan petunjuk bahwa malam ini biasanya terjadi di 10 malam terakhir di bulan Ramadhan, oleh sebab itu ketika 10 Malam terakhir bulan Ramadhan Nabi menyingsingkan lengan bajunya, dalam artian betul2 memperhatikan malam ini sampai2 Beliau selalu membangunkan keluarganya untuk mengajak untuk ibadah dan bermunajat kepada Allah,"tambahnya.


    Nabi juga memberikan petunjuk bahwa biasanya malam ini terjadi di malam ganjil pada 10 hari terakhir, dan lebih seringnya terjadi pada malam 27 Ramadhan. Akan tetapi ada juga ulama yang memberikan pendapat bahwa tidak menutup kemungkinan dari awal Ramadhan ada malam lailatul qodar. 


    "Jika menurut penelitian dari Imam Ghozali, untuk tahun ini sebab awal ramadhan hari selasa, maka lailatul qodar jatuh pada malam ke 27 bulan Ramadhan,"ungkap Gus Rifa disela menyusun rencana Pendirian Ponpes Al Manaf Untungga.


    Adapun tanda - tanda, masih kata suami dari Siti Thohurotul Ula S.sos.I, M.pdl, terjadinya malam lailatul qodar telah dijelaskan oleh Nabi, bahwasanya pada malam itu sangat tenang, tidak ada hujan, tidak terlalu dingin, tidak panas. 


    "Begitu pun pagi harinya Nabi menambahkan cahaya Matahari pagi tidak menyengat dan tenang,"ungkapnya.


    Disinggung mengenai kapan dan dimana Ponpes Al Manaf Untungga, Gus Rifa menyampaikan, rencananya diwilayah Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang.


    "Nantinya santri tidak hanya ngaji kitab, tapi juga akan diajarkan skill. Sehingga selesai mondok mereka bisa bekerja ataupun berwira usaha,"bebernya.


    "Saat ini kita masih fokus untuk menyusun perencanaanya. Dalam hal ini saya memohon doa dan dukungan dari semua pihak, agar nantinya berjalan dengan lancar,"pungkasnya.(*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini