Iklan

Iklan

,

Iklan

 


Adanya Temuan BPK Jateng, Wali Kota Salatiga Berjanji Akan Segera Tindak Lanjuti

Redaksi
Sabtu, 08 Mei 2021, 00:13 WIB Last Updated 2021-05-07T17:13:27Z
Wali Kota Salatiga Yulianto.(Foto: Dokumen harian7.com)


Laporan: Bang Nur


SALATIGA,harian7.com - Wali Kota Salatiga Yulianto berjanji akan menindaklanjuti adanya  temuan BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2020.


Disampaikanya, dalam penyelesaiannya, ia akan bersinergi  dengan sekda, inspektorat, bagian keuangan dan pihak terkait agar dapat diselesaikan dengan baik.


"Karena saya ingin mematuhi, ingin patuh atas temuan yang ada akan segera kami tindaklanjuti, segera diselesaikan,"kata Yulianto didampingi Ketua DPRD Salatiga Dance Ishak Palit, usai penerimaan laporan bahwa Salatiga meraih opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2020 dari BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah, di Ruang Pertemuan BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah, Lantai 1, Banyumanik Semarang, Jumat (7/5/2021).


Untuk kelima kalinya Kota Salatiga meraih  WTP, Yulianto mengungkapkan sangat bersyukur atas capaian ini.


"Alhamdulilah, Salatiga kembali menerima dan meraih opini WTP untuk kelima kalinya atas LKPD tahun 2020. Saya bersyukur atas raihan ini,"tuturnya.


Menurut dia, WTP adalah sebuah capaian opini yang baik dalam tata kelola keuangan didukung dengan tata kelola pemerintah yang baik pula dan atas keberhasilan dan capaian tersebut adalah berkat kerja keras bersama dari semua pihak.


"Solusi sudah kita laksanakan. Ini merupakan kerja bersama-sama. Terima kasih BPK yang sudah membantu. Alhamdulilah kita masih diberi kepercayaan ini,"terang Yulianto.


Sementara itu, Kepala Perwakilan BPK Provinsi Jawa Tengah di Semarang, Ayub Amali mengucapkan selamat kepada Kota Salatiga atas capaian opini LKPD Tahun 2020. Diungkapkanya, pemeriksaan atas LKPD Kota Salatiga sudah dilakukan pemeriksaan pendahuluan sejak Januari 2021.


"Dilanjutkan dengan pemeriksaan terinci setelah menerima LKPD dari Pemerintah Daerah," papar Ayub Amali.


Hasil pemantauan  Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan (TLRHP) sampai dengan semester II tahun 2020 pada Kota Salatiga, disebutkannya sebesar 93,17 %. Nilai tersebut ada di atas rata-rata nasional sebesar 75,60%.


Ayub berharap, hasil WTP ini, kedepan bisa dijadikan motivasi untuk terus memberikan komitmen terbaik.


"Semoga ini dapat dijadikan motivasi untuk lebih baik, dalam pengelolaan keuangan di Kota Salatiga yang transparan dan akuntabel,"pungkas Ayub.(*)

Iklan