• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    www.harian7.com

    Adv

    Terjebak Enceng Gondok di Rawa Pening, Akhirnya Pepeng Berhasil Dievakuasi

    REDAKSI
    Rabu, 28 April 2021, 4:41:00 PM WIB Last Updated 2021-05-02T07:42:16Z
    Saat proses evakuasi.


    Laporan: Bang Nur


    UNGARAN,haran7.com - Seorang pencari ikan bernama  Purnomo (43) alias Pepeng warga Kampung Kenteng RT 04/05 Kelurahan Tegalrejo Kecamatan Argomulyo Salatiga, terjebak enceng gondok saat mencari ikan di danau Rawa Pening tepat diwilayah Dusun Gondangsari Desa Rowoboni Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang, Selasa (27/4/2021).


    Beruntung korban akhirnya berhasil dievakuasi oleh tim SAR yang dibantu Babinsa dan Bhabinkamtibmas Rowoboni.


    Babinsa Rowoboni Sertu Ngadiranta melalui Pendim 0714/Salatiga  Pelda Wahyuda, menjelaskan, peristiwa tersebut berawal sekitar pukul 17.00 wib, Cacuk (39) warga Dusun Gondangsari melihat Pepeng yang tengah terjebak enceng gondok. Iapun berusaha mengajak pulang untuk menepi, tetapi  Pepeng menolak dengan alasan nanti akan dijemput Dipo dari Salatiga.


    "Mendengar jawaban dari Pepeng, akhirmya Cacuk menepi ke daratan,"katanya.


    Namun hingga pukul 19.00 wib Pepeng belum juga kelihatan menepi, maka Cacuk bersama warga sekitar lainnya melaporkan hal tersebut ke pihak berwajib.


    "Mendapati laporan warga, Tim BPBD Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga bersama anggota Polsek dan Koramil Banyubiru merapat ke TKP untuk melakukan melaksanakan evakuasi,"terang Pelda Wahyuda.



    Sekitar  pukul 21.15 wib, lanjut Pelda Wahyuda,  akhirnya Pepeng berhasil di evakuasi dan dibawa menepi dari tengah rawa dengan di jemput dua perahu milik tim gabungan BPBD Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga.


    Dengan adanya kejadian tersebut, dihimbau agar selalu berhati hati saat melaksakan kegiatan di rawa pening, mengingat cuaca yang tidak menentu.


    "Disarankan apabila melaksanakan penangkapan ikan cukup untuk di tepian rawa, karena sering kali sekumpulan enceng gondok menutup jalan perahu untuk menuju ke tepi Rawa,"pungkas Pelda Wahyuda.(*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini