• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    www.harian7.com

    Iklan

    Adv

    Sadran Besar di Desa Klampok Banjarnegara, Antara Semangat Relegi dan Budaya

    REDAKSI
    Kamis, 08 April 2021, 7:34:00 PM WIB Last Updated 2021-04-08T12:34:13Z


    Laporan: Iwan Setiawan/Saelan


    BANJARNEGARA,harian7.com - Warga Desa Klampok Kecamatan Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara, menggelar "Sadran besar" di komplek makam Margo Utomo, Kamis (8/4/2021).



    Seperti kita ketahui bersama, setiap menjelang bulan suci Ramadhan, tepatnya pada bulan Sya’ban, masyarakat   melakukan tradisi nyadran. Tradisi budaya yang telah dijaga selama ratusan tahun ini, dilakukan dengan bersih-bersih makam para leluhur, membuat dan membagikan makanan tradisional, serta berdoa atau selamatan bersama di sekitar area makam.


    Agus Supriyono kepala Desa Klampok kepada harian7.com mengatakan , Alhamdulilah pada hari ini masyarakat desa Klampok bisa nyadran besar yang dilaksanakan di komplek makam Margo Utomo  dengan sangat lancar, karena di tahun kemarin kita tidak melaksanakan karena waktu itu Covid 19 masih sangat mengganas, kami bersyukur ditahun ini bisa nyadran lagi walapun dengan kapasitas 50% saja .


    "Di acara nyadran ini warga masyarakat kita sejak kemarin secara serentak membersihkan komplek makam kemudian di hari Kamis ini kita datang membawa makanan ke makam untuk saling bertukar masakan. Sebenarnya ini sangat unik sekali disamping kita mengirimkan doa kepada leluhur juga ada rasa berbagi,"ucap Agus .


    lanjut Agus , di Desa Klampok sendiri pada hari ini ada tiga titik dengan acara yang sama yaitu di dusun Binangun , dusun Mangunan dan di Purwosari atau makam Margo Utomo.


    "Saya berharap acara ini tetap di selenggarakan agar supaya ditahun tahun berikutnya bisa menjadi suatu agenda yang akan terus ditingkatkan serta bisa menyentuh selain budaya juga releginya,"jelasnya.


    Sementara Kepala Dusun I Rahmad Hidayat mengungkapkan,"Saya ucapkan banyak terimakasih kepada masarakat yang telah melaksanakan sadran besar ini semoga doanya terkabul dan dengan adanya sadran dan bersih kubur,semoga kita dpt menambah kebersamaan dan gotong royong , nanti puasa kita bisa lebih khusuk,"pungkasnya.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NEWS FOTO

    +