• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    www.harian7.com

     


    Iklan

    Adv

    Ojk Ajak Pelaku UMKM Perempuan Pulihkan Ekonomi Secara Kreatif dan Inovatif

    REDAKSI SEMARANG
    Kamis, 08 April 2021, 9:42:00 PM WIB Last Updated 2021-04-08T14:42:11Z

    SEMARANG, Harian7.com - Menjelang Hari Kartini, OJK bersinergi dengan Pemerintah Kota Semarang, tim penggerak pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga (PKK), PT Amartha Mikro Fintek dan PT Bursa Efek Indonesia, memberikan pelatihan dan motivasi kepada pelaku UMKM perempuan di Kota Semarang.


    Kepala OJK Regional 3 Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Aman Santosa mengatakan bahwa di tahun 2020 perekonomian Jawa Tengah mengalami tekanan yang cukup dalam akibat pandemi Covid-19. 


    "Pertumbuhan Ekonomi Jawa Tengah di tahun 2020 terkontraksi -3,34% lebih dalam dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional yang terkontraksi -2,19% dan kondisi ini tentunya sangat berdampak terhadap UMKM,"ujarnya, Kamis (8/4).


    Menurutnya, Program unggulan di tahun 2021 yaitu Business Matching UMKM dan Offtaker, Kredit Murah, Virtual Expo Produk UMKM serta Gerakan Belanja Produk UMKM. 


    "Pelatihan yang diikuti sekitar 400 pelaku UMKM perempuan, ibu-ibu PKK Kota Semarang dan Ikatan Istri Pegawai OJK (IIPOJK) ini fokus pada alternatif pembiayaan dari fintech peer to peer lending dan pasar modal, serta cara pengelolaan keuangan,"jelasnya.  


    Dia menuturkan, Kantor OJK Regional 3 Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta juga melibatkan berbagai pihak untuk mengakselerasi pencapaian target inklusi keuangan sebesar 90% pada tahun 2024, sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo.


    Dia menambahkan, Berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2019, tingkat literasi dan inklusi keuangan laki-laki sebesar 39,94% dan 77,24%, relatif lebih tinggi dibanding perempuan sebesar 36,13% dan 75,5%.


    "UMKM harus optimis, ekonomi di tahun 2021 akan membaik seiring dengan pelaksnaan vaksin secara bertahap. OJK bersama dengan Industri Jasa Keuangan di Jawa Tengah mendukung kebangkitan UMKM dengan memperluas akses kredit murah,"pungkasnya.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NEWS FOTO

    +