• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    www.harian7.com

    Adv

    Lebaran 2021, Walikota Salatiga Menyampaikan Santri dan ASN Diperbolehkan Mudik

    REDAKSI
    Selasa, 27 April 2021, 12:33:00 AM WIB Last Updated 2021-04-26T17:35:31Z
    Walikota Salatiga H Yulianto. (FOTO:ISTIMEWA)


    Laporan: Bang Nur


    SALATIGA,harian7.com - Terkait mudik lebaran 2021, Walikota Salatiga H Yulianto menyampaikan, bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga mengizinkan santri dan aparatur sipil negara (ASN), mudik ke kampung halaman.


    Disampaikanya, jika tidak mempermasalahkan santri yang akan pulang ke daerahnya selama memenuhi aturan dalam pengetatan perjalanan.


    "Dalam aturan pengetatan perjalanan ada sejumlah dokumen pendukung yang harus dipenuhi. Jadi, harus menyertakan keterangan rapid antigen dan surat dari pemangku wilayah. Ada juga periode waktunya,"kata Yulianto kepada wartawan, Senin (26/4/2021).


    Ditambahkan Yulianto, terkait adanya pengetatan perjalanan dan larangan mudik, itu bertujuan untuk mengendalikan penyebaran Covid-19. Maka kiranya kelengkapan dokumen dianggap sangatlah penting dengan maksud  untuk menyelamatkan dan bukan mempersulit masyarakat.


    Sedangkan terkait mudik untuk aparatur sipil negara (ASN), Yulianto mengungkapkan, bagi ASN yang hendak melangsungkan mudik diperbolehkan asalkan berada pada zona aman atau wilayah aglomerasi.


    "Seperti memiliki izin atasan, membawa dokumen pendukung, dan berada di daerah aglomerasi atau mudik lokal. Kita semua tidak ingin lagi ada ledakan kasus Covid-19 akibat kelengahan dan ketidakdisiplinan," katanya.


    Lebih lanjut Yulianto menghimbau, kepada masyarakat untuk senantiasa menjalankan protokol kesehatan terlebih seorang ASN.


    Dijelaskannya, selain penyekatan yang dilakukan aparat Polri, TNI, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan,  juga dilakukan aktivasi Satgas Covid-19 hingga tingkat RT.


    "Jadi kalau hari ini ada yang pulang dari luar daerah, bisa dilakukan deteksi dini dan 3T."


    "Ruang isolasi juga ada, isolasi mandiri juga dilakukan,"pungkasnya.(*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini