• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    www.harian7.com

    Iklan

    Adv

    Keluarga Trah Ky. Wongso Karyo Dusun Citran Gelar Sadranan

    Admin : Ady Prasetyo
    Jumat, 02 April 2021, 10:50:00 AM WIB Last Updated 2021-04-02T14:16:19Z

    Penulis : Ady Prasetyo | Kabiro Kedu


    Acara tabur bunga dan memanjatkan doa di makan Cikal bakal (Ky. Wongso Karyo)


    MAGELANG, harian7.com - Keluarga besar Trah dari anak keturunan Ky. Wongso Karyo menggelar tradisi 'Nyadran' di makam keluarga Dusun Citran Desa Munengwarangan Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang pada jumat pagi (2/4/21).


    Tradisi ini sendiri, sudah turun temurun ada sejak jaman salah satu tetua dalam keluarga ini dimakamkan. Seperti yang dituturkan Darwanto (53) selaku pangarso dan Perwakilan keluarga bahwa kegiatan 'Nyadran' dilaksanakan bermaksud untuk menjaga dan melestarikan tradisi dan budaya leluhur maupun penghormatan kepada sesepuh pendahulu yang sudah meninggal serta sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. 


    Nampak beberapa orang yang sedang mengikuti acara "Nyadran" di makam keluarga Ky. Wongso Karyo.


    " Dalam acara ini keluarga trah Ky. Wongso Karyo mengawali kegiatan berupa bersih bersih makam di hari sebelumnya, prosesi dihari ini dimulai dengan tabur bunga dilanjutkan pembacaan Doa dan tahlil serta memohon kepada sang pencipta agar di beri keselamatan, kesehatan dan kemakmuran bagi semua keluarga," Paparnya.


    Keluarga besar kami saat ini ada sekitar 500 orang yang tersebar di beberapa tempat, Prosesi nyadran ini sendiri dilakukan setiap hari jumat pon tiap bulan Ruwah (Kalender Jawa,red). Tandasnya.


    Desain makam ini tergolong cukup megah karena di pintu masuk dibangun sebuah gerbang besar serta jalan menuju puncak makan tertata rapi dengan beberapa anak tangga, sampai di pelataran tampak beberapa cungkup dengan nisan sebagai pertanda akal bakal disemayamkan, selain itu ada beberapa makam dari anggota keluarga yang lain.


    Para peserta juga diwajibkan mengikuti prosedur protokol kesehatan dengan menerapkan 5M. Selesai acara nyekar dan memanjatkan doa dilanjutkan makan bersama yang ditaruh dalam tenong, nampak menu makan lengkap seperti nasi tumpeng, ingkung ayam, aneka sayur dan gorengan, kerupuk, pergedel dan lainya. (*)


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NEWS FOTO

    +