• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    www.harian7.com

     


    Adv BD


    Adv

    Kawah Sileri di Dataran Tinggi Dieng Alami Erupsi , Obyek Wisata Aman Dikunjungi , Ini Ketentuanya

    REDAKSI
    Jumat, 30 April 2021, 1:29:00 PM WIB Last Updated 2021-05-02T07:43:26Z


    Laporan: Iwan Setiawan | Kontributor Banjarnegara


    BANJARNEGARA,harian7.com - Kawah Sileri yang berada di Dataran Tinggi Dieng Banjarnegara berada di Zona dua Destinasi Dieng, kurang lebih berjarak 6 Km dari destinasi utama Komplek Candi Arjuna, Museum Kailasa dan Kawah Sikidang.


    Kepala Disparbud Agung Yusianto menjelaskan  , Kawah Sileri berada di Desa Kepakisan Kecamatan Batur ini telah terjadi erupsi semburan lumpur dingin 29 April 2021 sekitar pukul 18.30 WIB. semburan lumpur juga sempat mengenai pengendara sepeda motor yang melintas di Jalan utama Banjarnegara – Batang.


    "Sebaran material erupsi masih pada radius Kawasan Rawan Bencana yang direkomendasikan, agar masyarakat dan pengunjung wisatawan tidak mendekati Kawah Sileri pada radius 500 m dari bibir kawah,"terangnya.


    lanjut Agung Erupsi yang terjadi bersifat freatik, tidak didahului oleh kenaikkan gempa-gempa vulkanik yang signifikan , menandakan tidak adanya suplai magma kepermukaan. Erupsi yang terjadi lebih diakibatkan oleh over pressure dan aktivitas permukaan.


    "Bagi wisatawan yang akan menuju Destinasi Dieng dari arah Kabupaten Batang untuk berhati hati dan tetap menjalankan protokol kesehatan Memakai Masker, hindari kerumunan dan selalu mencuci tangan pakai sabun demi kenyamanan secara personal, wisatawan untuk membawa handsanitizer,"pungkas Agung .

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NEWS FOTO

    +