• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    www.harian7.com

     


    Adv BD


    Adv

    Kapolres Cilacap Dampingi Kepala BNPB Tanam 3.313 Pohon Guna Suksesnya Gerakan Mitigasi Vegetasi Partisipatif Bencana

    Abdurrochman
    Kamis, 29 April 2021, 1:11:00 AM WIB Last Updated 2021-04-28T18:11:56Z

    Pewarta : Rusmono Kepala Biro Cilacap

    Editor     : Abdurrochman

    CILACAP, Harian7.com - Kapolres Cilacap AKBP Dr. Leganek Mawardi, SH, SIK, M.Si dampingi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI, Doni Monardo melakulan penanaman 3.313 bibit pohon di pantai Cemara Sewu, Desa Bunton, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Rabu (28/04/2021).


    Hadir dalam penanaman pohon tersebut Asisten Sekda Provinsi Jawa Tengah, Anggota Komisi VIII DPR RI , perwakilan Mabes TNI, Mayjen TNI Edi Sambodo, perwakilan Mabes Polri, Brigjen Pol Endi Sutedi dan Unsur Forkopimda Kabupaten Cilacap.

    Pantai Cemara Sewu Desa Bunton dipilih menjadi lokasi penanaman karena wilayah tersebut rawan tsunami, sehingga menjadi salah satu tempat yang dipilih Kepala BNPB untuk ditanami pohon. Adapun pohon yang ditanam seperti pohon Pule, Palaka dan pohon Butun.

    "Penanaman jenis pohon tersebut diharapkan bisa mensukseskan Gerakan Mitigasi Vegetasi Partisipatif Bencana," kata Kapolres.

    Selain itu, lanjutnya kegiatan dilaksanakan dalam rangka latihan kesiapsiagaan bencana dan merupakan hal penting yang selalu disampaikan bapak Presiden untuk selalu mengantisipasi bencana alam yang akan terjadi.

    "Kegiatan ini dilaksanakan dengan harapan agar masyarakat  sadar akan bencana, bersama-sama mengantisipasi dalam penanggulangan bencana alam yang akan terjadi melalui membangun dan menjaga alam. Agar ekosistem yang ada terjaga dan lebih berkembang dengan baik," jelasnya.

    Pengalaman kita beberapa tahun terakhir ini, menurut Kapolres kita yang berada di tiga pertemuan lempeng di Pulau Jawa yang memiliki resiko ancaman tertinggi di dunia.

    "Baru-baru saja kita menghadapi bencana alam diluar Jawa seperti longsor, banjir yang mengakibatkan banyak korban. Bencana alam ini bukan hal yang baru, bencana alam ini sudah terjadi sebelumnya hanya kita tidak mengantisipasi dengan maksimal dalam penanggulangan bencana Alam ini. Budayakan sadar bencana di masyarakat, karena bencana alam ini sudah sering terjadi seperti gempa," tandas Kapolres.

    Lebih lanjut disampaikan, di Cilacap pernah gempa di tahun-tahun yang lalu dengan laut Pangandaran, dan di Cilacap ada Pulau Nusakambangan yang apabila gempa dari barat dapat terhalang oleh Pulau Nusakambangan, tetapi kita jangan menghiraukan dalam pelatihan evakuasi bencana alam.

    "Cilacap akan memberikan contoh nasional dalam abrasi laut dengan membangun penanaman dengan alam. Pada kesempatan ini saya berpesan kepada seluruh masyarakat untuk selalu bersama-sama mengantisipasi dalam penanggulangan bencana alam yang akan terjadi. Salah satu untuk mencegah abrasi laut dan tsunami ini dengan melakukan penanaman pohon yang dirawat di pesisir pantai," pungkasnya. (*)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NEWS FOTO

    +