• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    www.harian7.com

    Adv

    Disiapkan Sebagai Sentra Batik Tulis, Kades Pekiringan : "Diharapkan bisa menjadi penopang ekonomi warga"

    REDAKSI
    Senin, 05 April 2021, 1:52:00 PM WIB Last Updated 2021-04-05T06:52:04Z
    Aneka batik tulis.


    Laporan: Wahyudin | Kontributor Purbalingga


    PURBALINGGA,harian7.com -  Desa Pekiringan di Kecamatan Karangmoncol disiapkan untuk menjadi salah satu sentra batik tulis di wilayah Kabupaten Purbalingga. Pengelolaan sentra batik tulis  tersebut berada di bawah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Pekiringan.


    Kepala Desa Pekiringan, Adi Kusumantoro mengatakan, potensi batik tulis yang ada di desanya cukup besar dengan adanya 20 orang pengrajin batik. Peluang tersebut diharapkan bisa menjadi penopang ekonomi warga.


    “Untuk itu pada tahun 2021 ini, kami akan mengembangkan sentra batik yang akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai tempat pewarnaan dan penjualan batik. BUMDes juga akan menyediakan bahan-bahan untuk membatik, mulai dari kain, malam, canting dan wadah malam serta kompornya juga alat cap batik,” kata Adi saat dhubungi lewat telepon, beberapa hari lalu.


    Ia menjelaskan, sentra batik tersebut akan dilengkapi dengan alat-alat pewarnaan batik, serta instalasi pengolahan air limbah (IPAL) agar limbah perwarnaan tidak mencemari lingkungan sekitar.


    Adi menambahkan, pihaknya akan membuat galeri batik sebagai tempat memamerkan sekaligus memasarkan hasil produksi para pengrajin batik.


    “Harga nantinya akan disamakan sesuai dengan tingkat kerumitan batik. Dengan standar harga, pengrajin tidak banting-bantingan harga, harga tetap stabil. Brand yang akan digunakan yakni batik Pekiringan, brand ini diharapkan dapat meningkatkan nilai jual batik Pekiringan,” ujarnya.



    Selain itu, lanjutnya, BUMDes Pekiringan akan bekerja sama dengan Kampung Marketer atau Markas Digital agar batik bisa dipasarkan secara daring. Batik Pekiringan juga akan dipasarkan ke toko-toko batik di wilayah "BARLINGMASCAKEB"Banjar negara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, Kebumen.


    "Dengan dukungan  masyarakat Desa Pekiringan, kades pekiringan (ADI) semangat semangat,"pungkasnya.(*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini