• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    www.harian7.com

    Adv

    Cegah Hoax, Polres Cilacap Himbau Masyarakat Bijak Dalam Gunakan Media Sosial

    Abdurrochman
    Senin, 26 April 2021, 8:57:00 PM WIB Last Updated 2021-04-26T13:58:43Z
    Pewarta : Rusmono Kepala Biro Cilacap
    Editor     : Abdurrochman


    CILACAP, Harian7.com
    - Hadirnya media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, WhatsApp membuat kita lebih mudah mendapatkan informasi ketimbang dari media cetak seperti koran dan majalah. Namun kemudahan yang kita peroleh ternyata membawa dampak yang serius. Media sosial ternyata menjadi tempat yang subur tumbuhnya Hoax (berita bohong).

    Memanfaatkan momen penuh berkah di bulan Ramadhan, Serdik Sespimen Dikreg 61 Tahun 2021, Kompol Agus Sulistianto, SH, SIK memberikan tausyiah di masjid Al-Ikhlas Polres Cilacap dengan tema tentang Berita Hoax yang kini kerap sering terjadi di masyarakat. Tausiyah dilaksanakan Senin, (26/04/2021) dihadiri sekitar 27 orang.

    "Hoax atau berita bohong bukan lagi menjadi kata-kata yang janggal untuk kita dengar. Baik di media sosial atau ditengah-tengah masyarakat, tak jarang kita melihat poster dengan tulisan hoax," katanya.

    Lebih lanjut dikatakan, hoax merupakan berita bohong yang merugikan orang lain. Hal ini disebabkan informasi tersebut dapat menilai seseorang secara sepihak tanpa mengetahui kebenarannya. 

    Disinilah, tegas Kompol Agus sesungguhnya peran polri untuk tidak mudah tergiring oleh opini yang beredar di media sosial. Tidak mudah percaya pada informasi yang sedang diperbincangkan di masyarakat. Polri harus memiliki sikap kritis dalam melihat setiap persoalan yang terjadi di masyarakat. Tidak boleh apatis menerima apa adanya tanpa menganalisis, dan menelaah terlebih dahulu setiap berita yang dikonsumsinya.

    "Sudah menjadi kewajiban besar Polri dalam membawa masyarakat menuju perubahan kearah yang lebih baik. Dalam menjaga kenyamanan masyarakat terkait maraknya berita hoax. Untuk itu kami berpesan kepada anggota Polres Cilacap dan masyarakat untuk bijak dalam menggunakan media sosial, jangan mudah terpengaruh oleh berita-berita hoax. Dan khusus kepada anggota Polri agar selalu mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak cepat terpengaruh oleh penyebaran berita- berita hoax baik di media sosial maupun media cetak," pungkasnya. (*) 

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini