• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    www.harian7.com

    Adv

    BPSDMD Jateng Tatar Kades Baru Terkait Pengelolaan Pemerintahan Desa

    Admin: Shodiq
    Selasa, 06 April 2021, 8:17:00 PM WIB Last Updated 2021-04-06T13:25:56Z
    Istimewa


    Laporan : A Khozin | Kontributor Kendal


    KENDAL, harian7.com - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah ( BPSDMD) Propinsi Jawa Tengah mengadakan Pelatihan Teknis Pengelolaan Pemerintahan Desa angkatan 1 Tahun 2021.


    Pelatihan angkatan pertama yang diikuti  oleh para Kepala Desa baru dari 7 Kecamatan, diantaranya, Kecamatan Ngampel, Boja, Limbangan, Pageruyung, Patean, dan Kaliwungu tersebut dilaksanakan dari tanggal 4 sampai dengan 9 April 2021.


    Adapun maksud dan tujuanya diadakan pelatihan bagi kepala desa baru adalah untuk meningkatkan wawasan dan kompetensi serta pendalaman tentang tugas, fungsi, juga tanggung jawab bagi kepala desa baru di Kabupaten Kendal.


    Tujuan lainya adalah dalam rangka meningkatkan pengetahuan guna memenuhi kebutuhan SDM aparatur dalam penyelenggaraan Pemerintah desa.


    Hal itu disampaikan oleh Dispermades Propinsi Jawa tengah saat membuka acara Pelatihan tersebut.


    Dihadapan Para Kepala Desa baru, Pejabat dari Dispermades Jateng menjabarkan tentang posisi desa sebagai bagian dari sistem pemerintah yang terkecil yang berhubungan langsung dengan masyarakat, tentunya mempunyai hubungan yang lebih dekat dengan masyarakat. 


    Selain itu, desa memiliki wewenang untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat dengan berpedoman pada keaneka ragaman, partisipasi otonomi asli, demokrasi dan pemberdayaan masyarakat. 


    Karena itu, Desa diharapkan dapat meningkatkan pelayanan publik, dan partisipasi masyarakat dalam proses pelaksanaan pembangunan. Untuk mendukung lancarnya pelaksanaan pemerintahan desa, diperlukan perangkat desa yang berkompeten di bidangnya. 


    "Oleh karena itu, sebagai salah satu lembaga Pemerintah yang berkewajiban untuk menyediakan aparatur berkualitas, BPSDMD Jateng mengadakan Pelatihan Teknis Pengelolaan Pemerintahan Desa bagi Kepala Desa baru angkatan 1 tahun 2021," kata nara sumber.


    Ditempat yang sama, Salah satu peserta pelatihan, Didik Hariawan Kades Bojonggede Kecamatan ngampel saat di hubungi by phone oleh harian7.com terkait keikut sertaanya mengatakan bahwa pelatihan ini penting bagi para kepala desa baru, tidak hanya memperluas cakrawala tentang desa, tetapi juga bisa meningkatkan kemampuan dalam mengelola dan memenegerial pemerintah desa.


    "Dengan adanya pembekalan ini, kami semakin memahami, bagaimana cara mengelola management pemerintah desa, administrasi desa dan pelaporan Kades, penataan kewenangan kades, cara mengelola keuangan desa serta aset desa dan seterusnya," terang Kades yang juga Pengusaha Property itu.(*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NEWS FOTO

    +