• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    www.harian7.com

    Adv

    Berawal Dari Hobi, Suroso Pratikno Berhasil Kembangkan Usaha Tanaman Hias dan Buah-Buahan

    Admin : Ady Prasetyo
    Sabtu, 10 April 2021, 2:34:00 PM WIB Last Updated 2021-04-10T19:14:51Z

    Penulis: Ady Prasetyo | Kabiro Kedu


    Suroso Pratikno pemilik taman ' Sekar Garden'


    MAGELANG, harian7.com - Berawal dari hobi, Suroso Pratikno (50) warga Dusun Bowongan Desa Pakis Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang menyulap halaman dan teras rumahnya menjadi sebuah taman yang asri dengan ditanami aneka jenis bunga dan buah - buahan.


    Berbagai jenis bunga seperti begonia, antorium, aglonema, anggrek, monstera, pilo, keladi, hoya, suplir, palm, sansivera, mawar dan lainya tertanam dalam pot maupun media tanam yang tertata rapi sehingga menambah sejuknya suasana tempat yang dinamai 'Sekar Garden' ini, tak hanya itu tempat ini juga dilengkapi meja kursi taman untuk kongkow dan sangat menarik untuk dijadikan media spot selfie bagi pengunjung. 


    Koleksi berbagai jenis bunga di Sekar Garden. 


    Adanya beberapa tanaman pohon buah seperti alpokat, jeruk, sawo, kelengkeng, jambu, mangga yang rimbun dan berbuah lebat menambah halaman rumah ini tampak lebih asri. 


    Disisi lain berkat ketelatenanya, kini telah banyak tanaman yang dikembangkan dan menjadi sebuah penghasilan tambahan berkat penjualan aneka bunga dan buah buahan tersebut.


    Aneka bunga hias yang kini sedang digandrungi para penggemar. 


    " Beberapa orang dari berbagai tempat sengaja datang kesini untuk membeli bunga hias yang sekarang lagi digandrungi para peminatnya," Bebernya. 


    Menurutnya, beberapa jenis yang paling disukai penggemar yaitu antorium, begonia dan monstera, 


    " Pembeli pun banyak dari sekitar kabupaten dan kota magelang namun beberapa diantaranya datang dari luar kota. Selain pecinta banyak juga pedagang yang membeli secara borongan ditempat ini untuk dijual kembali," Jelasnya.


    Disinggung mengenai perawatanya, sejak sekitar sepuluh tahun belakangan ini ia secara khusus menyempatkan waktunya setelah pulang bekerja dari kantornya.


    " Selain untuk menambah keasrian halaman rumah, Keluarga kami bisa mendapatkan penghasilan tambahan sekitar Dua juta hingga Tiga juta Rupiah perbulan," Pungkasnya. (*)



    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NEWS FOTO

    +