• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    www.harian7.com

    Adv

    Balap Liar Kembali Resahkan Masyarakat, Tim Ki Semar Satlantas Polres Semarang Gencarkan Operasi, Memalukan! Oknum Petugas Damkar Turut Terjaring

    REDAKSI
    Rabu, 28 April 2021, 6:41:00 PM WIB Last Updated 2021-04-28T11:41:24Z
    Istimewa


    Laporan: Arie Budi | Kontributor Ungaran


    UNGARAN,harian7.com - Kembali maraknya balap liar oleh sekumpulan anak-anak remaja  di kawasan TL Undaris Ungaran, Stadion Wujil, Exit tol For U dan Ambarawa Kabupaten Semarang, dikeluhkan masyarakat sekitar. Sebelumnya aksi balap liar sebelumnya sering dibubarkan oleh petugas. 


    Namun kali ini kembali marak dilakukan pada saat menunggu waktu berbuka puasa ataupun menunggu waktu santap saur.


    Menanggapi itu, Tim Turjawali Satlantas Polres Semarang, dipimpin langsung oleh Kanit Turjawali, Ipda Ryanzovi Andreas Sitorus bersama anggotanya di bantu masyarakat yang peduli Kamtibmas di wilayah Kabupaten Semarang melakukan Operasi dan penindakan aksi balap liar di sekitar TL Undaris, Ungaran, Selasa(27/4/2021) tengah malam.


    Kasatlantas Polres Semarang, AKP Rendi Johan Prasetyo melalui Kanit Turjawali Satlantas Polres Semarang, Ipda Ryanzovi Andreas Sitorus mengatakan, Untuk malam hari ini kita melaksanakan kegiatan patroli balapan liar karena ada info dari masyarakat bahwa ada pelaksanaan balap liar di sekitar TL Undaris.


    " Kita di hubungi rekan-rekan dari masyarakat peduli Kamtibmas untuk bersama-sama melaksanakan operasi aksi balap liar, kemudian setelah kita melaksanakan operasi kita mengamankan sekitar 21 orang baik itu cowok maupun cewek kemudian di situ ada juga motor sekitar 15 motor dan 2 mobil," kata Kanit Turjawali Satlantas Polres Semarang, kepada harian7.com.


    Para aksi balap liar usai ditindak dan diamankan, dikumpulkan dan selanjutnya digiring ke Mako Satlantas Polres Semarang dengan berjalan kaki sambil menuntun kendaraannya dari TL Undaris sampai Mako Satlantas Polres Semarang.


    " Setelah penangkapan atau pengamanan kegiatan operasi balap liar tadi yang kita laksanakan selanjutnya akan kita data baik umur, pekerjaan, nama, tempat tinggal kemudian kita pisahkan perannya masing-masing dalam kegiatan balapan liar itu , ada sebagai jokinya, ada sebagai penonton ada pula sebagai pengacara balap, kemudian untuk yang kita tahan begitu motor balapnya maupun penonton akan kita kenakan sanksi penahanan selama 3 bulan supaya ada efek jera," jelas Ipda Ryanzovi Andreas Sitorus .


    " Mengenai program kita mengenai balapan liar ini saya sendiri diperintah langsung oleh Kapolres Semarang, AKBP Ari Wibowo untuk konsen kebidang ini sehingga saya dan rekan-rekan unit Turjawali membuat satu tim Ki Semar kelompok Polisi Satuan Pembasmi Balapan liar dari fungsinya adalah untuk mengamankan ataupun patroli di Kabupaten Semarang mengenai balapan liar," ujarnya


    Untuk rekan-rekan kita yang di masyarakat sudah banyak yang dapat menginfokan kepada kita Apakah di daerah-daerah tersebut ada balapan liar, ada laporan langsung ke tempat melaksanakan operasi


    " Himbauan Saya sebenarnya lebih kepada orang tua rata-rata yang ikut balapan liar ini adalah anak-anak yang baru mulai besar artinya mereka baru mau mencari jati diri mereka, karena masih ikut-ikut teman mereka itu lebih diperketat lagi pergaulan anaknya Bapak Ibu yang ada di rumah agar tidak terpancing tergoda untuk temannya melaksanakan kegiatan balapan liar ini,"pungkasnya.


    Terpantau pula oknum pegawai Instansi Pemerintah Damkar Kabupaten Semarang, Pos Ambarawa ikut terjaring dalam operasi balap liar.


    Oknum pegawai Instansi Pemerintah ini berinisial D saat ditanyai, berdalih jika dirinya hanya menonton saja, karena sekalian masuk malam. 


    Akan tetapi dalam operasi tersebut pelaku aksi balap liar dan yang menonton tetap ikut terjaring dalam operasi balap liar tersebut yang meresahkan warga sekitar dan pengguna jalan raya.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini