• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    www.harian7.com

    Adv

    Tegal Menuju Era Moderenisasi, Kini Tiket Masuk Kawasan Obyek Wisata Guci Gunakan QRIS

    REDAKSI
    Selasa, 16 Maret 2021, 3:28:00 AM WIB Last Updated 2021-03-15T20:28:39Z


    Laporan: M sujoni/Herman


    TEGAL,harian7.com - Sebagai ikon wisata guci,  mulai hari ini, pemkab tegal,  jawa tengah molai berlakukan sistem pembayaran non tunai untuk masuk obyek wisata alam pemamdian air panas guci, wisatawan tidak perlu lagi mengunakan uang tunai, cukup mengunakan QR code atau QRIS.


    Sistem pembayaran melalui QRIS ini molai di canangkan seni (15/3/2021) di pintu masuk obyek wisata guci,  penerapan pembayaran metode QRIS ini atas kerjasama pemerintah kabupaten tegal dengan kantor perwakilan bank indonedi"BI,tegal dan bank jateng,  sebage penyedia jasa layanan sistem pembayaran QRIS.


    Sementara itu bupat tegal Ibu Umi Azizah mengatakan pengunaan QRIS di tempat obyek wisata guci ini akan mempermudah playanan wisatawan, mereka tidak perlu lagi mengeluarkan uang tunai saat akan membeli ticket masuk tempat wisata.


    Selain mempermudah layanan pembayaran dengan QRIS ini juga bisa mencegah terjadinya kebocoran pendapatan daerah di sektor pariwisata. Nantinya uang dari saldo pengunjung akan langsung masuk ke kas daerah.


    Dengan sistem pembayaran non tunai ini,  secara otomatis akan meningkatkan PAD di sektor pariwisata karna terangnya tidak ada lagi kebocoran pendapatan daerah, "ungkap bupati tegal ibu Umi Azizah, kepada wartawan selesai acara.


    Sebage tahap awal, pembayaran non tunai ini hanya pada obyek wisata  guci. Bupati berharap,  kedepan obyek wisata lain di tegal juga menggunakan QRIS dalam sistem pembayaran.


    Sementara ini baru wisata alam pemandian air panas huci. Tapi kedepan, obyek wisata lain di kabupaten tegal akan segera diupayakan menggunakan QRIS, kata bupati Umi Azizah menambahkan kepada penglola obyek wisata guci,  bupati meminta agar segerah mensosialisasikan kepada seluruh masarakat tentang metode pembayaran sistem QRIS ini.


    "saat ini hampir semua warga memiliki ponsel jenis android. Mereka tinggal memilih platfrom yang menyediakan layanan QRIS dan download aplikasinya imbuh bupati Umi Azizah.


    Di wawancara terpisah,  kepala perwakilan BI, tegal, M taufik Amrozy mengatakan, banyak platfrom yang menyefiakan layanan QRIS baik bank maupun non bank. Untuk aplikasi M-banking, kata taufik amrozy ,hampir semuanya sudah menyedikan QR code. Sedangkan untuk non bank bisa pake aplikasi go pay, ling aja dan lainya.


    Silakan pake yang mana, baik platfrom bank maupun non bank. Yang jelas QRIS ini akan sangat menyederhanakan pembayaran,  terang kepala perwakilan bank indonesia cabang tegal.


    Lebih lanjut taufik amrozy mengatakan QRIS juga bisa menghilangkan resiko pengunaan transaksi uang palsu,  dengan transaksi non tunai ini,  tandas taufik amrozy tidak perlu menyefiakan uang pdngembalian dan penggunaan uang lusuh.(*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini