Iklan

Iklan

,

Iklan

Satgas Covid-19 Kabupaten Cilacap Berikan bantuan Ke Lapas Nusakambangan

Kamis, 25 Maret 2021, 08:06 WIB Last Updated 2021-03-25T01:06:25Z

Pewarta : Rusmono Kabiro Cilacap

Editor : Abddurochman

CILACAP, Harian7.com - Guna mengantisipasi penyebaran wabah Covid -19, Satgas Pencegahan Covid -19 Kabupaten Cilacap memberikan bantuan alat pencegahan Covid- 19 kepada Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) yang ada di pulau Nusakambangan.

Penyerahan yang dilaksanakan secara simbolis oleh Kasat Sabhara Polres Cilacap, AKP. Tusiran, S.H  kepada Lapas Kelas I Batu, Lapas Kelas IIA Kembangkuning, Lapas Kelas IIA  Pasir Putih dan Lapas Kelas IIA Karanganyar di halaman Mako Polsek Nusakambangan, Rabu (24/03/2021).

Kapolres Cilacap, AKBP. Dr. Leganek Mawardi, SH, SIK, M.Si melalui Kasat Sabhara Polres Cilacap AKP. Tusiran, SH mengatakan, pemberian bantuan merupakan wujud kepedulian dari Satgas Pencegahan Covid -19 Kabupaten Cilacap dalam membantu mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Lapas di Nusakambangan.

"Bantuan yang diberikan berupa 4 tank penyemprotan/ sprayer, 10 thermogun infrared, 16 jerigen Disinfektan masing-masing 5 liter, 200 botol multi vitamin merk zivit zinv yang diperuntukan bagi petugas pemasyarakatan dan warga binaan," ungkapnya.

Lebih lanjut Kasat Sabhara meminta kepada petugas lapas dan warga binaan untuk mematuhi protokol kesehatan dengan mematuhi 5 M yakni Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan dan Mengurangi mobilitas.

"Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi potensi penyebaran Virus Covid-19. Dan yang paling penting adalah mengedukasi pentingnya penerapan 5M kepada warga binaan lapas," katanya.
Menurutnya, petugas Lapas juga harus rutin mengimbau ke warga binaan dengan agar tetap disiplin melaksanakan protokol Kesehatan.

Sementara, Kasi Binadik Lapas Kelas II A Kembang Kuning, Pamuji Setyo Wibowo menyatakan bahwa selama ini kami telah melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19 di wilayah Lapas, seperti pembatasan kunjungan fisik dan menggantinya dengan kunjungan online lewat video call, sosialisasi, penyedia sarana cuci tangan dan penyanitasi tangan.

“Kami terus bekerja sama dan berkoordinasi dalam mensosialisasikan, melakukan pendampingan, serta melakukan pengawasan terhadap Lapas-Lapas yang ada di Nusakambangan terkait prosedur dan langkah-langkah dalam menghadapi pandemik Covid-19," pungkasnya. (*)

Iklan