Iklan

Iklan

,

Iklan

OJK Dorong Lazisnu Jateng Dirikan Bank Wakaf Mikro

Redaksi
Kamis, 04 Maret 2021, 19:59 WIB Last Updated 2021-03-04T14:25:10Z
Kepala OJK Regional 3 Jawa Tengah dan DIY Aman Santosa


SEMARANG, Harian7.com - Kantor OJK Regional 3 Jateng dan DIY mendorong Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (Lazisnu) Jawa Tengah untuk menjajaki kemungkinan pendirian Bank Wakaf Mikro (BWM) dari Dana Wakaf Uang Tunai.


Kepala OJK Regional 3 Jawa Tengah dan DIY Aman Santosa mengatakan saat ini terdapat 60 BWM yang tersebar di seluruh Indonesia dengan total outstanding pembiayaan mencapai Rp12,14 miliar dan memiliki sebanyak 12.164 nasabah.


"Melihat potensi tersebut, Bank Wakaf Mikro (BWM) akan menjadi alternatif lembaga keuangan syariah yang dapat mengakomodasi kebutuhan pembiayaan umat sesuai dengan prinsip-prinsip syariah," ujarnya, Kamis (4/3).


Menurutnya, untuk membangun ekosistem inklusi keuangan syariah di lingkungan yang belum mendapatkan akses layanan keuangan secara formal atau unbankable, OJK mengajak Lazusnu se-Jawa Tengah untuk menjajaki kemungkinan pendirian BWM.


"OJK telah memfasilitasi pembuatan model bisnis BWM dengan platform Lembaga Keuangan Mikro Syariah untuk mempertemukan pihak yang memiliki kelebihan dana (donatur) mendonasikan kepada masyarakat yang membutuhkan pembiayaan usaha dengan imbal hasil sangat rendah,"tuturnya.


Sementara itu, Wakil Ketua Komisi XI DPR-RI Fathan Subchi mengapresiasi OJK dalam upaya memberikan pemahaman bagi pengurus Lazisnu tentang alternatif pengelolaan wakaf uang dan peluang-peluang sinergi antara Lazisnu dengan Industri Jasa Keuangan Syariah.


"Lazisnu dihrapkan dapat lebih berperan dalam pemberdayaan masyarakat dan pengentasan kemiskinan,"pungkasnya. 

Iklan