Iklan

Iklan

,

Tag Populer

Label

Kategori

Politics
Lihat Semua

Baca Juga

Technology
Lihat Semua

Fashion
Lihat Semua

Sports
Lihat Semua

Entertainment
Lihat Semua

Sport

Tekno

Berita Utama

Populer Tahun ini

Photos
Lihat Semua

Populer Minggu ini

Populer Bulan ini

Channels TV
Lihat Semua

Kategori Berita

Headline

Notification

Iklan

Last Year

Last Week

Last Month

Iklan

Menikmati Secangkir Robusta di Benteng Hock Salatiga, Antara Sejarah dan Kenikmatan Yang Tak Terpisahkan

Redaksi
Rabu, 24 Maret 2021, 18:09 WIB Last Updated 2021-03-24T11:09:22Z
Walikota, ketuaDPRD, kapolres saat menyeduh kopi di benteng hock.


Penulis: Fera Marita


SALATIGA,harian7.com - Komunitas Kopi Lover Salatiga ( Koplo ) dan beberapa komunitas lain menggelar acara diskusi kopi di Benteng Hock Satlantas Salatiga, Selasa ( 23/3/21 ).


Acara dalam rangka menyambut kedatangan tim Jelajah Kopi Nusantara ini dikonsep dengan menyajikan kopi robusta yang merupakan kopi khas Salatiga dan olahan pendamping seperti berbagai olahan singkong yang juga menjadi makanan khas Salatiga. 


"Kita tidak hanya mengangkat perkembangan industri kopi tetapi lebih kepada sejarahnya. Karena sejarah kopi dan Salatiga adalah hal yang tak terpisahkan," ungkap Widi Ari Nugroho, ketua panitia acara. 


Inilah yang mendasari dipilihnya Benteng Hock sebagai lokasi acara. Benteng Hock sendiri saat ini telah disulap menjadi tempat nongkrong yang cozy dan instagramable. 


Kapolres Salatiga, AKBP Rahmat Hidayat, mengungkapkan bahwa Polres Salatiga sangat mendukung segala kegiatan yang dilakukan di Benteng Hock. 


"Kami tidak ingin mematikan kreativitas masyarakat dalam kondisi pandemi ini. Salah satu program kami dalam mendukung perekonomian nasional yaitu dengan adanya dukungan kepada UMKM-UMKM termasuk pengembangan kopi dan produk-produk turunannya. Sehingga kegiatan seperti ini justru dapat menumbuhkan perekonomian di Kota Salatiga, " papar AKBP Rahmat Hidayat usai acara menyeduh kopi. 


Menurut Kapolres, Benteng Hock merupakan milik masyarakat Kota Salatiga, sehingga komunitas apapun bisa menggunakannya sepanjang tetap menjaga ketertiban, keamanan dan kebersihan. 


"Untuk event-event besar seperti ini bisa langsung mengajukan permohonan secara tertulis kepada Polres Salatiga, tentunya harus mentaati protokol kesehatan. Sedang untuk event-event kecil, foto prewed, wisata, swafoto bebas kapan saja. Dan ini merupakan salah satu upaya mendekatkan diri antara Polres Salatiga dengan masyarakat kota Salatiga," imbuhnya. 


Dengan suasana yang asri dan latar belakang bangunan bergaya Belanda, menjadikan kopi sangat cocok bila dinikmati di Benteng Hock. Karena seperti yang dikatakan Widi, sejarah kopi dan Salatiga tak bisa dipisahkan. Dan acara ini diharapkan Widi menjadi tonggak awal untuk acara-acara yang lebih membesarkan kopi-kopi di Salatiga.

Iklan