• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    www.harian7.com

    Iklan

    Adv

    Maju Pesat, BUMDes Margo Mulyo Dongkrak Perekonomian Desa Kemranggon

    REDAKSI
    Minggu, 28 Maret 2021, 10:11:00 AM WIB Last Updated 2021-03-28T03:13:05Z
     Dump truk salah satu usaha BUMDes.(Foto: doc)


    Laporan: Iwan Setiawan/Udin | Kontributor Banjarnegara


    Editor: Bang Nur


    BANJARNEGARA,harian7.com - Terus melakukan inovasi dan terobosan, kini Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Margo Mulyo maju pesat dan berkembang. Terobosan yang tengah digenjot yakni dibidang simpan pinjam (Koperasi - red), usaha angkutan barang dump truk dan isi ulang air minum (Galon).


    Dengan meningkatnya BUMDes Margo Mulyo, tentunya  berperan signifikan dalam mendongkrak pendapatan perekonomian masyarakat di Desa Kemranggon Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara. 


    Anton Budi Brahmantio direktur BUMdes Margo Mulyo saat ditemui harian7.com baru - baru ini mengatakan, BUMDes berdiri tahun 2008 lalu dengan berbagai macam usaha  yakni simpan pinjam , angkutan barang dum truk, isi ulang air minum,  BPSPAM air kolam ikan nila dan lele.


    "Bumdes  Margo Mulyo di dukung penuh oleh desa dengan cara menggerakan masyarakat dengan  jimpitan per RT untuk mendukung modal dan tabungan. Selain itu juga  seluruh lembaga dan masyarakat untuk menabung di BUMDes agar uang yang ada di desa sebisa mungkin tidak keluar dan mebuka uang keluar untuk  masuk,"katanya.


    Budi juga mengungkapkan, setiap usaha pasti ada saja kendala,  BUMDes ini bukan tanpa kendala."Membuka cara berpikir masyarakat bahwasanya bumdes itu milik desa dan harus di jaga dan di kembangkan bersama masyarakat. Merubah pola pikir bahwasanya bumdes itu uang desa 'Ikih',"ungkapnya.


    Senada diungkapkan Kepala Desa Kemranggon Andi Setiawan. Saat dikonfirmasi ia mengatakan, kami sangat mengapresiasi apa yang dilakukan pengurus BUMDes Margo Mulyo yang sebelumnya asetnya sedikit dan kini menjadi berkembang sangat pesat.


    "Ini saya rasa sesuai apa yang diharapkan masyarakat Desa Kemranggon,"tuturnya.


    Ia berharap, Desa Kemranggon menjadi desa maju dan mandiri, bisa memberikan pelayanan dan fasilitas yang memadai bagi masyarakat, khusuanya untuk sektor ekonomi produktif , Membuka unit unit usaha shingga membuka banyak lapangan pekerjaan.(*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NEWS FOTO

    +