• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    www.harian7.com

    Adv

    Jaga Ekosistem Alam Yang Lebih Baik, Alumni SMAN 2 Salatiga Lakukan Tanam Pohon

    REDAKSI
    Selasa, 16 Maret 2021, 3:14:00 PM WIB Last Updated 2021-03-16T08:14:57Z


    Laporan: Bang Nur


    SALATIGA,harian7.com - Dalam rangka menjaga pelestarian alam khususnya untuk membantu terciptanya ekosistem yang lebih baik, Alumni SMA Negeri 2 Salatiga angkatan tahun 99 bersama SMA Negeri 2 Salatiga melakukan penanaman 150 bibit pohon, Selasa (16/3/2021).


    Heru Prasetyo salah satu Alumni SMA Negeri 2 angkatan tahun 99 selaku koordinator aksi bakti sosial alumni mengatakan, kegiatan ini merupakan manifestasi program Adiwiyata dimana SMA Negeri 2 yang merupakan sekolah Adiwiyata Nasional sedang bersiap diri menuju sekolah Adiwiyata Mandiri.


    "Rangkaian acara dalam aksi lingkungan ini antara lain penanaman pohon yang dilaksanakan bekerjasama dengan PMI kota Salatiga,"kata Heru kepada harian7.com.


    Disampaikan Heru, pada kesempatan ini menanam sebanyak 150 bibit pohon diantaranya, pohon gayam yang diharapkan menjadi komoditas non beras  lokal Salatiga. Kegiatan terkait program Adiwiyata lainnya adalah launching Plantae barcode scanner.


    "Program ini merupakan program inovasi SMA N 2 Salatiga dimana tanaman yang ada di sekolah maupun di berbagai taman dan hutan kota Salatiga akan ditempelkan barcode scanner agar masyarakat bisa mengenal nama tanaman sekaligus manfaatnya serta keberadaannya  hanya dengan melakukan scanning barcode,"ungkapnya.



    Dijelaskan Heru, caranya sangat mudah pengguna hp  cukup mendownload aplikasi barcode scanner di Playstore atau Apple store, maka ketika melakukan scanning pada barcode tanaman akan terhubung dengan website SMA N 2 Salatiga yang menginformasikan tentang tanaman tersebut.


    "Keterlibatan alumni dalam kegiatan ini menambah kemeriahan karena ada kegiatan donor darah yang diprakarsai alumni bekerjasama dengan PMI kota Salatiga. Melalui donor darah diharapkan kita dapat membantu sesama."


    "Tidak hanya donor darah alumni juga berkontribusi dalam aksi sosial dimana dalam kegiatan ini dibagikan 13 paket bingkisan bagi warga sekolah yang membutuhkan,"jelasnya.


    Lebih memeriahkan acara ini adalah launching lagu bertema lingkungan yang dinyanyikan oleh paduan suara SMA N 2 Salatiga yang terdiri dari Sevi, Nella, Salma, Novia, kanza dan Amru.Dalam kesempatan ini dinyanyikan dua lagu yaitu  Saya Anak Ramah Lingkungan (Sakral) dan Ikrarku pada Alam. 


    "Lagu ini diciptakan oleh ibu Siti Purwatiningsih dan diaransir oleh ibu Sri Lestari. Lagu ini memberikan semangat agar generasi muda menjadi anak ramah lingkungan yang peduli terhadap kelestarian lingkungan,"terang Heru.


    Sebelum seremonial aksi lingkungan selesai terlebih dahulu dilakukan penyerahan tanaman kacang Amazon dari pecinta dan pemerhati tanaman dari paguyuban rumah alam  Sunarto  kepada sekolah."Tanaman kacang Amazon ini ditanam untuk mengundang burung liar karena buahnya sangat disukai burung. Kegiatan ini selaras dengan program Adiwiyata SMA 2 Salatiga yaitu sekolah ramah burung sebagai upaya konvensi burung liar,"papar Heru.


    Hadir dalam kegiatan ini walikota Salatiga Yulianto SE.MM yang  melakukan Lounching  Scanning Plantae barcode yang dikuti oleh Jajaran terkait serta pengurus dan Relawan PMI Kota Salatiga. Kemudian diteruskan  Titin Eka Novia SE yang merupakan lurah Tegalrejo, serta Kadinas DLH kota Salatiga dan tokoh masyarakat yang hadir antara lain ketua RW dan RT Setempat.


    Dalam kesempatan ini,  PMI Kota Salatiga melalui Siti Muawanah mewakili Ketua PMI  menyanpaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak, khususnya pihak SMAN 2 Salatiga yang telah ikut mendukung PMI Kota Salatiga dlm menjalankan Program jangka panjang kami, yaitu Konservasi Mata Air di Salatiga dengan Tanam Pohon dan membuat sumur resapan yang sudah dilaksanakan sejak awal musim hujan tahun 2020 lalu.(*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini