• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    www.harian7.com

    Adv

    Isi Kekosongan Perades , 4 Desa di Kecamatan Brangsong Akan Selenggarakan Seleksi

    Admin: Shodiq
    Sabtu, 20 Maret 2021, 8:20:00 AM WIB Last Updated 2021-03-20T01:20:46Z

     

    Camat Brangsong, Bambang DP


    Laporan : A Khozin | Kontributor Kendal

    KENDAL,  harian7.com -  Sampai dengan pertengahan bulan maret 2021 ini, 4 desa yang akan mengadakan seleksi pengisian Perangkat desanya belum menentukan akan menggunakan tim Penguji dari mana, apakah STIE semarang ataukah LPMP.


    Camat Brangsong Bambang DP saat ditemui di kantornya menjelaskan, sesuai dengan Perbup No.51 tahun 2017, tes seleksi pengisian perangkat desa yang kosong tetep menggunakan model ujian Computer Assisted Test (CAT).


    Adapaun tes yang diujikan peserta meliputi teori dan praktek, untuk teori diantaranya, tes intelegensi umum, tes karakteristik pribadi, tes wawasan Kebangsaan dan tes kemampuan bidang, sedangkan untuk praktek yaitu cara mengoperasikan komputer yang saat ini memang menjadi tuntutan dalam menjalankan kegiatan pemerintahan desa.

    Selain itu, khusus untuk Modin, akan ada tambahan ujian praktek langsung.


    "Mengingat Perbub No.51 masih berlaku dan belum direvisi, maka untuk tahun 2021 ini masih menggunakan system CAT," terang Bambang.


    Namun sejauh ini dari desa baru mengusulkan kepada pihak kecamatan terkait dengan rencana pengisian jabatan perangkat desa yang kosong.


    "Soal akan mengisi kekosongan itu apa tidak, terus ingin menggunakan jasa pihak penguji dari mana, itu merupakan kewenangan panitia desa, pihak kecamatan hanya meneruskan permohonan dari desa yang ingin mengisi kekosongan perangkatnya ke Dispermades," imbuhnya.


    Senada dengan Camat Bambang DP, empat kepala desa yang kami datangi juga mengatakan hal yang sama, sampai dengan saat ini, pihak desa belum menentukan ingin menggunakan jasa penguji dari mana.


    "Belum ada wacana ingin menggunakan tim penguji dari mana, kami baru sebatas mengusulkan akan adanya pengisian kekosongan itu kepada pihak Kecamatan," terang Nashoka Kades Kertomulyo.


    "Kalau soal anggaran, semua sudah dianggarkan oleh desa," terang Kades Purwokerto Prasetyo.


    "Harapanya pengisian kekosongan ini bisa dilaksanakan secara serentak se-Kabupaten Kendal, agar dapat di minimalisir munculnya konflik," harap Asnawi Kades Brangsong.


    "Semua kita serahkan kepada panitia, pihak ke tiga mana yang akan di gunakan, tentunya sudah melalui banyak pertimbangan," kata Wawan Sekdes Tosari.


    Seperti kita ketahui bersama, bahwa tahun ini ada 4 desa di Kecamatan Brangsong yang akan mengadakan pengisian perangkat desa yang kosong, diantaranya adalah, desa Kertomulyo, Brangsong, Tosari dan Purwokerto.(*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini