• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    www.harian7.com

    Iklan

    Adv

    Hanya Dengan Modal Kepercayaan, Kini BUMdes Desa Lengkong Maju Pesat

    REDAKSI
    Sabtu, 20 Maret 2021, 9:17:00 PM WIB Last Updated 2021-03-20T14:17:20Z
    Para pengelola BUMDes saat ditemui harian7.com.(Foto: Iwan Setiawan/harian7.com)


    Laporan: Iwan Setiawan | Kontributor Banjarnegara


    BANJARNEGARA,harian7.com - Banyak cara dilakukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam upaya memberdayakan pemuda untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat , seperti yang dilakukan BUMdes Lengkong kecamatan Rakit kabupaten Banjarnegara dengan mengembangkan pembiayaan dan permodalan perdagangan.


    Hal itu diungkapkan Wiwik Kusworo Aji selaku Direktur BUMdes makmur sejahteja desa Lengkong. Saat ditemui harian7.com, baru baru ini Wiwik mengungkapkan, usaha kami pembiayaan/ permodalan pedagang pasar Lengkong, dan saat ini sedang melebarkan sayap ke warga Lengkong yang mempunyai usaha di luar pasar.


    "Adapun beberapa usaha yang kami kelola yakni jasa atau pelayanan foto copi, cetak mencetak dan lain lain. Selain itu kami juga melayani Agen BRIlink , agen BNI 46 , agen Pos dan sedang dalam proses untuk Menjadi penjual mitra SIPLah Persewaan Molen dan Tank semprot  Distributor LPG 3kg,"tutur Wiwik.


    Diungkapkanya, kami nekat karena pertama kali masuk BUMDes kami menemukan bahwa BUMDes tidak punya apa- apa dan banyak dana yang ada di masyarakat (waktu itu di usaha simpan pinjam) macet."Alhamdulillah, 6 bulan lebih dari 50% kemacetan itu bisa diatasi sehingga uang BUMDes tidak hilang dan bisa dijalankan untuk usaha,"ucapnya .


    Senada diungkapkan,   Yayah  Widiantor selaku penasehat BUMdes sekaligus Kepala Desa Lengkong. Disampaikanya, selain yang sudah disampaikan Wiwik,  saat ini kami  sedang menyiapkan untuk pengelolaan sampah yang tidak sekedar mengumpulkan sampah lalu di buang , akan tetapi dikelola.Kemudian ada pemanfaatan teknologi tepat guna juga. 


    "Tujuannya masalah sampah teratasi, warga mendapat benefit, ada produk baru yang bisa dihasilkan,"ucapnya .


    Yayah berharap, kelak BUMdes di Desa Lengkong bisa mencapai tujuan menuju Lengkong Sejahtera."Dalam arti  Sejahtera yakni seluruh elemen masyarakat Lengkong, dan diharapkan BUMDes menjadi penopang utama yang kokoh bagi majunya perekonomian Desa Lengkong,"pungkas Yayah .

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NEWS FOTO

    +