• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    www.harian7.com

    Adv

    Peduli Veteran, Danpomdam lV/Diponegoro Kunjungi Veteran Pejuang Kemerdekaan

    Admin: Shodiq
    Kamis, 18 Februari 2021, 6:23:00 PM WIB Last Updated 2021-02-18T11:24:13Z

     Danpomdam IV/Diponegoro Kunjungi Veteran Soegeng Boedhiarto di Banjarnegara

    Istimewa


    Laporan : Iwan | Kontributor Banjarnegara


    BANJARNEGARA , harian7.com - Danpomdam IV/Diponegoro, Kolonel Cpm. Salidin, SH, M. Hum, mengunjungi Soegeng Boedhiarto alias alias Ing Biaw, veteran pejuang kemerdekaan Indonesia. Soegeng merupakan ayah kandung Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono. Danpomdam beserta rombongan diterima oleh Bupati Budhi dan keluarga, di rumah dinasnya, Kamis (18/2/2021).


    Kolonel Cpm. Salidin, mengatakan maksud kedatangannya adalah sebagai penghargaan kepada Soegeng Boedhiarta, veteran yang mendapat gelar kehormatan sebagai Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 15 Agustus 1981, yang merupakan salah seorang yang ikut mendirikan Polisi Militer (PM).


    “Ini merupakan panggilan kami sebagai prajurit, dan sebagai yunior, untuk menemui senior kami. Dan kami sangat bersyukur bisa bertemu langsung dengan Beliau. Ini merupakan kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri,” kata Kolonel Cpm Salidin.


    Lebih lanjut, Salidin mengatakan bahwa Soegeng Boedhiarto merupakan saksi sejarah dan saksi berdirinya Polisi Militer (PM), sehingga layak untuk diberikan penghargaan.


    “Beliau masih hafal beberapa nama pejuang masa itu. Dan Beliau berpesan singkat namun sangat esensial, yakni jagalah keutuhan Republik Indonesia. Ini pesan khas pejuang,” katanya penuh hormat.


    Soegeng Boedhiarto (92) berkesempatan menyambut rombongan dengan anggukan dan tatapan mata penuh makna. Anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Banyumas ini, berharap PM untuk terus berjuang memajukan bangsa ini.


    “Kalian adalah  generasi muda penerus bangsa, jadi jagalah keutuhan bangsa ini. jangan sampai saling menyisihkan satu sama lain. Kita harus bersatu padu menjunjung tinggi kebhinekaan.  Sebab dulu mereka semua ikut berjuang demi kemerdekaan bangsa ini,” ujar Ing Biauw.


    Budhi Sarwono ketika dimintai komentarnya mengatakan, ayahnya selalu mengajarkan untuk berjuang dan mencintai tanah air, dengan membantu orang kecil.


    “Meski ayah saya pendatang, dia sangat cinta Indonesia. Dari teman-teman seperjuangan dulu, kami tahu bahwa ayah kami pernah menjadi Polisi Tentara Angkatan Perang,” katanya.


    Pada kunjungan tersebut, hadir pula Dandenpom IV/1 Purwokerto Letkol Cpm. (K) Asmin Tapahing, Wadandenpom IV/1 Purwokerto May Cpm. Mirgo Winasis serta Dandim 0704 Letkol Sujeidi Faisal.


    Polisi Militer Kodam IV/Diponegoro atau (Pomdam IV/Diponegoro) mempunyai tugas pokok membina dan menyelenggarakan fungsi kepolisian militer di lingkungan Kodam IV/Diponegoro baik dalam penegakan hukum, disiplin dan tata tertib militer hingga penyelidikan kriminal di wilayah hukum Kodam IV/Diponegoro. (*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini