• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    Best Viral Premium Blogger Templates

     


    Adv

    Merti Dusun Senggrong, Kades Bringin : ' Semoga Doa Seluruh Warga Senggrong Mustajab'

    Senin, 08 Februari 2021, 5:46:00 PM WIB Last Updated 2021-02-08T10:53:46Z
    Warga Dusun Senggrong saat menyelenggarakan puncak acara Merti Dusun di Balai Dusun Senggrong, Senin(8/2/2021) Siang. | Foto : Shodiq / harian7.com

    Penulis : Shodiq


    UNGARAN, harian7.com - Merti Dusun atau bersih dusun bisa juga orang menyebutnya dengan sebutan  sedekah bumi. Biasanya di selenggarakan berdasarkan kalender jawa yang di selenggarakan  sekali dalam setahun. 



    Begitu juga pelaksanaan  puncak acara Merti Dusun Senggrong Desa Bringin Kec Bringin Kab Semarang  di selenggarakan sekali dalam setahun yakni setiap Senin Kliwon Wuku Landep bulan Jumadilakhir.


    Puncak acara tersebut yakni berupa kenduri atau selamatan (Tasyakuran-red) di selenggarakan di Balai Dusun Senggrong Desa Bringin Kec Bringin Kab Semarang, Senin Kliwon Wuku Landep (8/2/2021) siang.


    Sebelum puncak acara tersebut di selenggarakan ada tahapan - tahapan kegiatan yang telah dilaksanakan di antaranya adalah bersih - bersih lingkungan pada Minggu (31/1/2021) siang, Kamis (4/2/2021) bersih - bersih makam, nawu kali atau sendang Jum'at (5/2)siang, selanjutnya kupatan di Kali atau Sendang. Kegiatan tersebut di selenggarakan secara turun temurun oleh warga Dusun Senggrong.

    Istimewa


    Amin Hermawan Kadus Senggrong Desa Bringin Kec Bringin Kab Semarang dalam sambutannya pada  puncak acara Merti Dusun Senggrong, Senin (8/2/2021) siang mengatakan,  bahwa Merti Dusun Senggrong merupakan acara rutin yang di selenggarakan warga Dusun Senggrong.


    " Tradisi atau adat istiadat Merti Dusun Senggrong kali ini tidak bisa kita laksanakan seperti tahun - tahun kemarin karena bebarengan penerapan PPKM oleh Pemerintah," ucapnya.


    Dia menambahkan, meskipun dalam situasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Merti Dusun Senggrong tetep di laksanakan sesuai tahapan yang sudah di sepakati Tomas dan Toga di Musdus.


    " Agenda rutin tahunan kali ini kita selenggarakan secara sederhana tidak ada tontonan. Karena kita harus mematuhi himbauan pemerintah di masa pandemi Covid-19 ini," tuturnya.

    Kades Bringin Yamzuri saat menyampaikan sambutannya di depan Warga Dusun Senggrong


    Di tempat yang sama Kades Bringin Yamzuri menyampaikan, bahwa ia berharap  do'a Warga Senggrong  mustajab.


    " Di Merti Dusun Senggrong kali ini, Saya do'akan semoga do'a - do'a  semua Warga Senggrong mustajab. Mustajab mendo'akan diri sendiri keluarga dan tetangganya," harap Yamzuri dalam sambutannya.(*)

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Terkini