• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    www.harian7.com

    Adv

    Jabat Bupati Ngawi Dua Periode, Ir. Budi Sulistyo Banyak Torehkan Keberhasilan, Camat Mantingan: 'Terima kasih Mbah Kung atas segala pengabdian dan jasa yang telah dipersembahkan'

    REDAKSI
    Selasa, 16 Februari 2021, 5:39:00 AM WIB Last Updated 2021-02-15T23:00:33Z


    Laporan: Budi Santoso | Kontributor Ngawi


    NGAWI,harian7.com - Tak terasa dua periode Ir. Budi Sulistyono memimpin Kabupaten Ngawi. Selama dua periode menjabat,  banyak prestasi dan keberhasilan yang ditorehkan oleh sosok low profil ini.


    Perjalanan karir dari Ir. Budi Sulistyono yang akrab dipanggil dengan Mbah Kung ini bukan instan. Kiprah politiknya bermula menjadi Wakil Bupati selama dua periode. Periode pertama 1999-2004 dan periode kedua 2005-2010.


    Selepas itu, Mbah Kung terpilih menjadi Bupati Ngawi yang memerintah selama dua periode yaitu 2010-2015 dan 2016-2021.


    Selama menjabat sebagai Bupati Ngawi, Mbah Kung berhasil membawa Kabupaten Ngawi melompat tinggi ketingkat nasional. Prestasi yang ditorehkan Mbah Kung tidak hanya dibidang Pemerintahan saja, namun dibidang wisata, produksi pangan, infrastruktur dan pola hidup sehat masyarakat pun tidak lepas dari sentuhan tangan dari Bupati Ngawi.


    Catatan emas dibidang Pemerintahan yang sangat mencolok yaitu melakukan pembenahan fundamental pada pola kerja aparatur pemerintahan sehingga membawa Kabupaten Ngawi meraih predikat A dalam penilaian Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang semula hanya mendapatkan predikat CC.


    Untuk infrastruktur jalan dan jembatan pun tak lepas dari polesan tangan dingin Mbah Kung. Ratusan kilometer jalan rabat dan paving block sudah dibangun dan dinormalisasi, begitu juga jembatan. Mbah Kung sadar, akses jalan dan jembatan sangat dibutuhkan oleh masyarakat agar roda perekonomian bisa bergerak.


    Agar uang masyarakat Kabupaten Ngawi tidak tersedot keluar hanya untuk mencari tempat refreshing keluarga, Mbah Kung menggenjot pembangunan di obyek wisata. Bahkan mampu menciptakan obyek wisata alternatif yang kini mulai diminati oleh masyarakat bahkan dari luar kota sehingga menambah pendapatan asli daerah dan mampu menggerakan ekonomi lokal.


    Selain itu, Mbah Kung juga menaruh perhatian khusus pada bidang pertanian. Dibidang ini Kabupaten Ngawi menorehkan prestasi manis karena pemudanya mampu menyabet juara nasional melalui karya padi organik. Melalui bidang ini pula Kabupaten Ngawi ditahbiskan sebagai lumbung padi nomor 2 se Jawa Timur bahkan peringkat 6 untuk skala nasional.



    Selama menjabat dua periode, Mbah Kung sangat intens pada dunia pendidikan. Bahkan untuk meningkatkan mutu dunia pendidikan, Bupati Ngawi ini rela menggelontorkan 20 persen anggaran APBD. Sasaran Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Dasar, Menengah Pertama menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah.


    Dalam dunia pendidikan ini, Mbah Kung sangat menekankan pada pendidikan karakter karena dipandang sangat penting dan mutlak. Mbah Kung menyadari bahwa generasi bangsa yang unggul adalah sumber daya manusia yang memiliki budi pekerti luhur.


    Karena begitu banyaknya prestasi yang ditorehkan oleh Ir. Budi Sulistyo (Mbah Kung Kanang) sehingga mampu membawa Kabupaten Ngawi ke kancah nasional, maka tidak heran berbagai ucapan terima kasih berupa spanduk, baliho maupun ucapan melalui media sosial pun bertebaran menjelang purna tugasnya pada tanggal 17 Februari 2021. Ini merupakan bentuk kecintaan masyarakat Kabupaten Ngawi pada sosok Mbah Kung yang sederhana dan merakyat.


    Diakhir purnatugasnya, banjir ucapan selamat purna tugas Mbah Kung dari berbagai elemen masyarakat di Kabupaten Ngawi.



    Salah satunya Camat Mantingan Didik Hartanto S,.Sos beserta Kepala Desa se Kecamatan Mantingan.


    "Kami mengucapkan Terimakasih atas purna tugas di kabupaten Ngawi dua periode dengan baik."


    "Terima kasih Mbah Kung atas segala pengabdian dan jasa yang telah dipersembahkan kepada Pemerintah Kabupaten Ngawi,"ucapnya.(*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NEWS FOTO

    +