• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    Best Viral Premium Blogger Templates

     


    Adv

    Inovasi Kades Kesongo, Cerdas Membaca Potensi Desa

    Selasa, 02 Februari 2021, 4:48:00 PM WIB Last Updated 2021-02-02T15:57:03Z
    Kades Kesongo Supriyadi saat di Cafe ' Kulon Omah' yang berdiri di tanggul Embung. Ngentaksari, Kesongo, Tuntang, Kab Semarang, Senin (1/2/2021). Foto : Shodiq | harian7.com 

    Laporan : Shodiq


    Ungaran, harian7.com -  Kepala Desa Kesongo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Jawa Tengah Supriyadi  S.Pd, berinovasi secara cerdas melihat potensi  wilayah desanya. 



    Inovasi tersebut yakni merubah tanah yang kurang produktif menjadi lebih produktif dengan membangun embung air yang  multi fungsi.


    Supriyadi, saat di konfirmasi media harian7.com, di cafe ' Kulon Omah'  Ngentaksari  Desa Kesongo  Kec Tuntang, Senin (1/2/2021) kemarin siang, mengatakan bahwa Embung Irigasi ini di bangun karena keprihatinan dia atas sawah di daerah tersebut yang jika musim kemarau tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal.



    " Latar belakang di bangunnya Embung irigasi ini. murni inisiatif  pribadi saya.  Saya melihat area sawah di sini (Ngentaksari-red) kalau musim kemarau tidak bisa di tanami dan jika musim hujan kebanjiran,"ungkapnya.



    Ditambahkan Kades Kesongo, selain berfungsi sebagai irigasi untuk mengaliri sawah di bawahnya, embung juga berfungsi sebagai resapan air.



    " Embung ini jika musim kemarau berfungsi mengairi sawah di bawahnya.Namun jika musim hujan bisa berfungsi sebagai resapan air. Jika sebelum adanya embung, petani hanya bisa panen padi setahun cuma 1 kali sekarang bisa 2 kali," urainya dengan gamblang.

    Istimewa



    Lebih lanjut, Kades yang baru 2 tahun menjabat ini memaparkan, bahwa embung yang berdiri sekira Agustus 2019 ini juga di fungsikan sebagai ternak ikan.



    " Kebetulan warga kami Nasta'in Waluyo (48)  punya potensi di bidang perikanan. Maka embung ini juga di fungsikan sebagai pembudidayaan ikan Patin. Alhamdulillah perhari  sudah bisa panen 4 Kwintal," papar pensiunan guru tersebut.



    " Untuk memanfaatkan tanggul Embung, kami manfaatkan dengan  ditanami buah Pepaya," imbuhnya.

    H Ngesti Nugraha, S.H., M.H Wabup / Bupati Semarang terpilih(Berpeci baju hitam) saat berkunjung beberapa waktu yang lalu di area Embung & Cafe 'Kulon Omah' Ngentaksari ,Kesongo ,Tuntang Kab Semarang.



    Dengan setengah promosi, Kades kreator tersebut berharap bagi para pecinta kuliner untuk berkunjung di embung yang berlokasi di Dusun Ngentaksari Desa Kesongo Kec Tuntang tersebut.



    " Pak Ngesti Nugraha (Bupati Semarang terpilih-red)  juga pernah hadir di embung ini.Di area Embung ini juga ada Cafe ' Kulon Omah' dengan menu andalan nasi bakar dan sate keong. Ngopi sore di area perikanan dan kebun buah pepaya," pungkasnya.(*)

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Terkini