Iklan

Iklan

,

Iklan

Apel Gelar Pasukan, Dandim 0714/Salatiga : "Kami Dukung Penuh Program Vaksinator Dan Tracer Covid-19 Dari Pemerintah"

Redaksi
Kamis, 11 Februari 2021, 22:29 WIB Last Updated 2021-02-11T15:29:44Z


Laporan: Choerul Amar


SEMARANG,harian7.com - Turut mendukung progam pemerintah dalam melawan pandemi yang hingga saat ini belum juga usai, Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Widi Prasetijono memimpin menggelar Apel Gelar Pasukan Kesiapan Tenaga Vaksinator dan Tracer Covid-19 di wilayah Provinsi Jawa Tengah, di Lapangan Parade, Rabu (10/02/2021).


Saat memimpin apel gelar pasukan, dalam sambutannya Pangdam IV/Diponegoro yang dibacakan oleh Kasdam Brigjen TNI Widi Prasetijono mengatakan, jika kegiatan tersebut merupakan bukti komitmen TNI, khususnya Kodam IV/Diponegoro untuk mendukung program Pemerintah dalam pelaksanaan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro di wilayah Jawa Tengah.


“Untuk itu pada kegiatan ini, Kodam IV/Diponegoro akan mengerahkan para Babinsa di wilayah Jawa Tengah, yang wilayahnya melaksanakan PPKM skala mikro,”katanya.


Diungkapkan Kasdam, sebelum diterjunkan di wilayah kerjanya masing-masing, para Babinsa nantinya akan diberikan pelatihan untuk menjadi tracer Covid-19.


Sehingga disamping bertugas sebagai penegak disiplin protokol kesehatan, para Babinsa tersebut dapat membantu Pemerintah untuk melaksanakan tracing Covid-19 khususnya di wilayah Jateng dan D.I.Y.


Selain itu, Kodam IV/Diponegoro akan mengerahkan 900 Babinsa yang sudah mendapat pelatihan ditingkat TNI, untuk menjadi tracer Covid19. 


"Para Babinsa yang merupakan ujung tombak TNI di tengah lingkungan masyarakat, juga dapat menjadi agen pencegahan, pendeteksian dan penanggulangan terhadap wabah Covid-19 yang sampai saat ini masih merebak di Jawa Tengah,"tutur Kasdam.


"Kita ketahui tingkat penyebaran Covid 19 di Jateng dan D I Y sampai saat masih sangat tinggi sehingga upaya ini di adakan untuk dapat menekan laju penyebaran Covid-19 diwilayah Jateng dan DIY,"terangnya.


Kasdam berharap, dengan adanya kegiatan itu dapat mempercepat penyelesaian pelaksanaan vaksinasi, dan semoga upaya tersebut menjadi bagian dari kontribusi nyata bersama seluruh komponen bangsa.


“Dengan keterlibatan dan kebersamaan kita dalam mendukung kegiatan ini, menunjukkan bahwa semua ikut fokus dalam upaya penanganan dan penanggulangan Covid-19 secara serius,” pungkasnya.


Komandan Kodim 0714/Salatiga Letkol Inf Loka Jaya Sembada bertindak sebagai Komandan Apel dalam kegiatan tersebut ketika ditemui  mengatakan bahwa mengaku siap mendukung dan menyukseskan program tersebut.


“Tentu kita siap mendukung untuk keberhasilan program tersebut, yang salah satunya dengan memerintahkan para Dandim di jajaran kami untuk lebih mengoptimalkan atau memaksimalkan lagi peran dari para Babinsa di lapangan,” katanya.(*)

Iklan