Iklan

Iklan

,

Iklan

Anggota Saka Wira Kartika Kodim 0714/Salatiga Ikuti Pembekalan, Pelda Wahyudha: Keahlian dan Ketrampilan Harus Selalu Diasah

Redaksi
Senin, 01 Februari 2021, 14:36 WIB Last Updated 2021-02-01T07:36:17Z
Anggota Saka Wirakartika Kodim 0714/Salatiga saat mengikuti pembekalan.


Laporan: Bang Nur


SALATIGA,harian7.com – Keterampilan yang baik dan bisa menjadi keahlian adalah yang selalu diasah dengan latihan secara berkelanjutan, demikian juga dengan kecakapan yang dimiliki oleh anggota Pramuka juga harus selalu dijaga dan ditingkatkan agar meningkat dan mahir dengan selalu melaksanakan latihan secara rutin. Demikian diungkapkan Dandim 0714 Lekol Inf Loka Jaya Sembada SIP melalui Kepala Penerangan Kodim (Kapendim) Pelda Wahyudha Widharta kepada harian7.com, Senin (1/2/2021).


"Seperti Syarat Kecakapan Khusus (SKK) Penyeberangan Basah pada Krida Mountaineering di Saka Wirakartika Kodim 0714/Salatiga, harus senantiasa ditingkatkan kemampuan anggota dalam menguasai materi tersebut, maka pada hari Minggu (31/01/2021) kemarin dilaksanakan di Sendang Mulyo, desa Klero Kecamatan Tengaran Kab. Semarang,"terangnya.



Diterangkan Pelda W Yudha, pelintasan basah adalah teknik melintasi bagian bumi yang selalu tergenang dengan air baik itu air mengalir maupun air menggenang, dalam melakukan pelintasan bisa dilakukan dengan alat bantu maupun tidak. Alat bantu pelintasan yang digunakan adalah tali yang membentang medan pelintasan, tali jiwa, carabiner (cincin pengait) yang peralatan lain yang dibutuhkan.


"Peserta pelintasan basah ini adalah anggota Saka Wirakartika Kodim 0714/Salatiga dan dari Kodim 0716/Demak dengan jumlah 30 peserta, dengan dipandu oleh para Pamong Saka Wirakartika Salatiga yaitu Idham Muwardi, dengan pengawasan langsung oleh Kapten Inf Sofyan Amirudin selaku Pasiter Kodim 0714/Salatiga,"jelasnya.


Sementara itu, dalam pengarahannya Kapten Inf Sofyan Amirudin menyatakan dihadapan para peserta bahwa dalam melaksanakan kegiatan ini harus dilakukan dengan bersungguh-sungguh, dengan tetap mengedepankan protocol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 disekitar kita.


"Karena dengan melakukan bersugguh-sungguh maka apa yang diharapkan dari latihan ini dapat tercapai, selalu ikut instruksi yang disampaikan oleh para Pamong agar kegiatan dapat berjalan dengan lancar,"tegasnya.


Ia berpesan agar para SAKA mengambil pelajaran dan nilai positif dari kegiatan ini untuk dapat dipedomani dalam kehidupan kita, karena hal ini sangat berguna pada masa datang.


"Dalam latihan ini peserta melakukan 2 sesi latihan yaitu penyeberangan basah dan melaksanakan Materi Jaring Pendarat, karena itu peserta di bagi 2 kelompok langung menuju lokasi latihan masing-masing,"terangnya.


Adapun penyeberangan mengambil lokasi di sendang Mulyo Klero, sedangkan Jaring Pendarat bertempat di kebun milik warga disekitar sendang."Pelaksanaan latihan ini didahului dengan olahraga bersama untuk melemaskan otot-otot tubuh untuk menghindari cidera, kemudian diberikan pengerahan cara melakukan latihan yang akan dilakukan oleh instruktur latihan dari Saka Wirakartika Kodim/0714 Salatiga,"pungkasnya.(*)

Iklan