• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    Best Viral Premium Blogger Templates

     


    Adv

    Tumpang Koyor dan Kepala Ikan Manyung 'Mbok Bencok' di Tingkir , Lezatnya Bikin Ketagihan

    Rabu, 06 Januari 2021, 5:47:00 PM WIB Last Updated 2021-01-06T10:49:36Z
    Eko Supriyanto pemilik warung makan Mbok Bencok saat ditemui harian7.com (Foto: Bang Nur/harian7.com)


    Laporan: Bang Nur


    SALATIGA,harian7.com - Asap mengepul dari piring besar berisikan kepala ikan yang berukuran cukup besar. Kuah putih kekuningan menyeruakkan bau yang harum. Tampilan bumbu pelengkap dengan warna cerah kian menggoda. 


    Sedikit bau asap tercium dari kepala ikan manyung dengan bumbu mangut. Di warung makan tumpang koyor Mbok Bencok  yang terletak di Jalan Raya Suruh - Salatiga tepatnya depan Terminal Tingkir, Tingkir Tengah, Kecamatan Tingkir Kota Salatiga ini, menu tersebut kini menjadi hidangan  primadona.

    Kepala ikan Manyung Mbok Bencok.


    Tak hanya itu,  di warung Mbok Bencok yang buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.00 wib ini, selain menyajikan kepala ikan Manyung yang jadi primadona, juga punya menu andalan atau khas, yakni tumpang koyor. Dengan pengolahan dan penyajian yang khas, tumpang koyor di warung ini berbeda dari tumpang koyor lainya yang ada di Kota Salatiga.


    Ditemui harian7.com, Rabu (6/1/2021) Eko Supriyanto selaku pemilik warung makan Mbok Bencok menuturkan, dalam penyajianya kita berbeda, kalau biasanya sering kita jumpai diwarung makan, tumpang koyor itu sudah dicampur, di warung kita berbeda. "Penyajian ataupun memasaknya kita pisahkan, tumpangnya sendiri, koyornya sendiri, jadi murni tumpang,"tuturnya.

    Tumpang pecel koyor Mbok Bencok.


    Dibeberkanya, kenapa kita pisah, pengunjung warung ini bisa memilih menu, yakni bisa pesan tumpang koyor, tumpang daging atupun tumpang lainya, sehingga bisa menyesuaikan selera pengunjung  dan ada pilihan."Tapi rata rata pengunjung memilih tumpang koyor. Tapi biasanya setelah kesini sekali dan merasakan menu kami, mereka kembali lagi dan mencoba tumpang lainya,"bebernya.


    Untuk sajian selain tumpang koyor, pengunjung juga bisa memilih tumpang ayam kampung digoreng ataupun ayam negeri dan tumpang daging. Sedangkan menu lainya yang kita sajikan diantaranya, Manyung  ada kepala Manyung dan daging Mangut serta ada pecel Madiun. Untuk pecel Madiun penyajianya kita identik ada peyek dan bergedel kentang.

    Para pengunjung warung Mbok Bencok saat menyantap anek hidangan.


    Ketika disinggung apa yang mendasari  tertarik membuka usaha kuliner, pria yang juga sebagai Kepala Cabang PDAM Tengaran mengungkapkan, dirinya membuka usaha kuliner lantaran hobi kuliner."Saya membuka warung ini karena saya hobi dengan kuliner,"ucapnya.


    Terkait nama usaha kulinernya di namai Mbok Bencok, Eko menjelaskan, "Mbok Bencok itu dulunya ikut dirumah saya sejak ibu saya masih kecil, hingga saya sudah berkeluarga."


    "Beliau itu (Mbo Bencok) masakannya enak, orangnya rapi dan bersih dalam bekerja. Jadi kami namai warung ini juga untuk mengenang beliau. Dan saat ini kita juga buka cabang di Ampel,"pungkasnya.


    Sementara itu, Yuli salah satu pengunjung warung Mbok Bencok mengaku masakan tumpang koyor di warung ini sangat lezat baik rasa dan aromanya. "Saya baru kedua kali ini makan tumpang koyor disini mas. Sekali makan eh.. rasa tumpangnya sangat beda dengan tumpang lainya. Kebetulan saya dari dulu gemar makan tumpang koyor, dan baru di warung ini menemukan rasa yang nendang banget. Meski diwarung lain juga enak, tapi disini pokoknya is the best deh mas,"ucapnya.


    Senada disampaikan Syarif, dia mengaku di warung Mbok Bencok meski baru dibuka, tapi untuk rasa rekomendasi banget. Selain aneka menu yang disajikan  nikmat banget, juga pelayanan yang cepat dan ramah serta tempatnya bersih.


    "Disini harganya bersahabat dengan kantong. Selain itu aksesnya juga mudah. Ketika kita keluar exit tol Tingkir lalu menuju ke Kota, pasti lewat warung Mbok Bencok,"katanya sembari menyantap kepala ikan Manyung.


    Harga aneka menu di Warung Mbok Bencok



    Nasi tumpang tahu sayur Rp 7000, Nasi tumpang tahu sayur telur ceplok Rp 10.000, Nasi tumpang tahu koyor Rp 15.000, Nasi tumpang tahu ayam goreng negeri Rp 15.000, Nasi tumpang tahu ayam goreng kampung Rp 23.000, Nasi pecel Madiun Rp 7000, Nasi pecel Madiun telur ceplok Rp 10.000, Nasi ayam kampung goreng/bakar Rp 23.000, Nasi ayam goreng negeri Rp  15.000. Sedangkan untuk paket hemat ada nasi ayam goreng atau bakar Rp 18.000 dan nasi kepala Manyung Rp 18.000 serta nasi ikan  mangut Rp 12.000.(*)

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Terkini