• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    www.harian7.com

    Adv

    Tahun 2020, Nilai Ekspor Kota Pekalongan Tembus Rp 368,5 Milyar

    REDAKSI
    Rabu, 20 Januari 2021, 10:34:00 PM WIB Last Updated 2021-01-20T15:34:00Z

    Istimewa.


    Editor : Choerul Amar


    KOTA PEKALONGAN,harian7.com – Nilai ekspor barang asal Kota Pekalongan tahun 2020 mencapai USD25,437 juta atau Rp368,5miliar. Nilai itu lebih besar daripada tahun 2019 yang mencapai USD 22,926 juta atau Rp313 miliar.

    Informasi tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Dindagkop-UKM) Kota Pekalongan, Sri Haryati, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Selasa (19/1/2021).

    Menurutnya, realisasi capaian nilai ekspor Kota Pekalongan tahun 2020  tersebut juga melampaui target yang telah ditentukan sebesar USD 19,19 juta dengan jumlah pelaku usaha ekspor (eksportir) Kota Pekalongan yang terdaftar di Dindagkop-UKM sebanyak 21 orang.


    “Beberapa pelaku eksportir merupakan eksportir baru dan yang semula masih UMKM namun mereka sudah berani melakukan ekspor,” tuturnya.

     

    Diakui Haryati, pada awal terjadinya pandemi Covid-19, sejumlah pelaku usaha menghentikan ekspornya. Mereka kembali melakukan ekspor saat masa adaptasi kebiasaan baru (new normal) diberlakukan oleh pemerintah.Komoditas yang diekspor sebagian besar adalah sarung batik, kain batik, dan surimi. Produk-produk tersebut diekspor ke sejumlah negara seperti Singapore, Thailand, Tanzania, Malaysia  dan Korea. Komiditi terbaru adalah crab shell pellet yang berhasil diekspor ke Jepang dan Taiwan.


    “Kami berharap dan terus mendorong capaian nilai ekspor Kota Pekalongan di tahun-tahun berikutnya bisa semakin meningkat khususnya para UMKM di Kota Pekalongan ini terus berani melakukan kegiatan ekspor secara mandiri tanpa melalui perantara pihak ketiga karena kami juga memfasilitasi pelatihan ekspor secara rutin,” tandasnya.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NEWS FOTO

    +