Iklan

Iklan

,

Tag Populer

Label

Kategori

Politics
Lihat Semua

Baca Juga

Technology
Lihat Semua

Fashion
Lihat Semua

Sports
Lihat Semua

Entertainment
Lihat Semua

Sport

Tekno

Berita Utama

Populer Tahun ini

Photos
Lihat Semua

Populer Minggu ini

Populer Bulan ini

Channels TV
Lihat Semua

Kategori Berita

Headline

Notification

Iklan

Last Year

Last Week

Last Month

Iklan

Siswa MTsN 1 Kendari Sabet Juara III KSMO Nasional 2020

Redaksi
Minggu, 17 Januari 2021, 17:54 WIB Last Updated 2021-01-17T10:56:24Z
Istimewa.


JAKARTA,harian7.com - Sarana prasarana pendidikan madrasah negeri kian merata dan representatif. Hal ini tidak terlepas dari program afirmasi pembangunan dengan skema pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).


Capain prestasi juga makin merata, tidak ada dominasi pulau. Minimal, kesenjangan kualitas pendidikan madrasah antar pulau makin menipis.


Pada ajang Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO) Nasional 2020 misalnya, madrasah dari berbagai daerah juga bisa unjuk prestasi. Salah satunya Waode Amerwangi Zahra.


Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kendari Mappataliang mengatakan, siswanya berhasil meraih juara III Kompetensi Sains Madrasah Online (KSMO) Nasional 2020 untuk mata pelajaran IPA Terpadu. 


"Amerwangi saat itu medapat nilai 92," terang Mappataliang di Kendari, Minggu (17/01/2021).


Prestasi ini menjadi kebanggaan tersendiri buat Amerwangi. Apalagi, piagam penghargaan diberikan bersamaan peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-75 Kemenag di Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Tenggara. Penghargaan diberikan oleh Kepala Kanwil Kemenag Sulawesi Tenggara.


"Saya senang sekali bisa mendapatkan prestasi ini dan mendapatkan penghargaan dari Kementrian Agama Provinsi,” ungkapnya.


Mappataliang menambahkan, capain prestasi siswa ini tidak terlepas dari pembinaan yang intens terhadap siswa berbasis ma’had atau pesantren. Pertengahan tahun 2019, MTsN 1 Kendari mendapat bantuan SBSN. Anggaran tersebut digunakan untuk membangun gedung ma’had atau asrama dua lantai. Posisinya,  di samping masjid madrasah.


"Gedung asrama ini mulai digunakan pada awal 2020. Ada beberapa program unggulan, di antaranya Tahfizul Quran dan pembinaan KSM, yang intens dilakukan para pembina dan guru MTsN 1 Kendari," jelasnya.


"Gedung asrama juga dilengkapi dengan fasilitas ma’had yang lebih presentatif dalam mendukung semangat siswa belajar," sambungnya.


Sejak Februari 2020, lanjut Mappataliang, beberapa siswa yang mengikuti pembinaan mulai mempersembahkan prestasi. Mereka meraih sejumlah kejuaraan tingkat Kendari, antara lain: juara 1 Olimpiade IPS Terpadu, juara 2 LCT IPS Terpadu, juara 3 LCT Matematika, dan lainnya.


Meski di tengah pandemi Covid-19, siswa MTsN 1 Kendari terus mempersembahkan prestasi, antara lain juara 2 lomba Story Islamic dan juara 3 lomba Pidato Pancasila  tingkat provinsi pada 7 November 2020.


"Saya berharap dengan bantuan SBSN ini, siswa MTsN 1 Kendari bisa mendapat pembinaaan lebih intensif dan terus mengukir prestasi," tandasnya.(Yuan/Kemenag)

Iklan